1. Startup

Ruangguru Hadirkan Aplikasi Mobile untuk Konsultasi Tugas

Aplikasi disiapkan untuk membantu para siswa yang kesulitan memecahkan soal tugas-tugas mereka

Salah satu startup pendidikan lokal Ruangguru, baru-baru ini menginformasikan telah meluncurkan aplikasi mobile mereka. Saat ini aplikasi yang masih dalam fase beta tersebut memberikan akses kepada pengguna, dalam hal ini murid untuk bisa berkonsultasi mengenai tugas-tugas mereka secara langsung dengan guru-guru yang ada.

Seperti aplikasi mobile pada umumnya, Ruangguru berusaha membawa unsur mobilitas dan kemudahan konsultasi untuk para murid. Aplikasi ini memungkinkan para murid mengirimkan permasalahan mereka dalam bentuk foto soal yang kemudian akan diteruskan ke guru untuk selanjutnya dapat berdiskusi mengenai solusinya.

Selain mode chat berbasis teks seperti layaknya aplikasi pesan instan lainnya, aplikasi mobile Ruangguru ini juga memungkinkan untuk bertukar pesan audio. Diungkapkan CEO Ruangguru Iman Usman seperti diberitakan di JakartaGlobe, aplikasi ini hadir setelah pihak Ruangguru mendapat masukan dari penggunanya.

Menurut penuturan pihak Ruangguru ada beberapa alasan mengapa akhirnya Ruangguru meluncurkan aplikasi ini, di antaranya adalah karena terbatasnya waktu belajar yang dimiliki siswa dan sulitnya menemukan guru privat berkualitas.

“Biasanya para pelajar di Indonesia cukup sibuk dengan berbagai kegiatan sekolah dan di luar sekolah, sehingga seringkali mereka belajar dan mengerjakan tugas sekolah pada jadwal dimana guru privat tidak tersedia atau bukan di jam bimbingan belajar. Aplikasi mobile dibuat khusus untuk menciptakan solusi belajar instan,” ungkap pihak Ruangguru kepada Dailysocial.

Selama periode beta dan masa promo yang akan berlangsung hingga 15 April 2016 Ruangguru menggratiskan layanan di aplikasi mobile ini, sehingga siswa bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya. Untuk tarif resminya rencananya baru akan diungkapkan pada bulan Mei mendatang.

Aplikasi yang sudah bisa diunduh di Google Play ini didesain dengan cukup sederhana. Dengan dominasi warna biru muda dan tombol untuk mengunggah soal di bagian kiri bawah aplikasi ini menampilkan kesan sederhana. Pengguna tinggal memilih kategori jenjang, mata pelajaran dan kemudian menggambil gambar langsung dari aplikasi ini untuk dikonsultasikan dengan guru.

Proses menemukan gurunya pun otomatis. Ruangguru akan membantu siswa menemukan guru yang sesuai untuk permasalahan atau soal yang diunggahnya. Sementara itu untuk menjadi guru pengguna perlu mendaftar terlebih dahulu di laman yang sudah disediakan, dan mungkin akan mendapat aplikasi khusus karena dari keterangan yang ada aplikasi Ruangguru yang ada di Google Play memang dikhususkan untuk siswa.

Dari segi konsep aplikasi ini cukup menarik. Dengan konsultasi langsung secara online siswa dapat mengetahui cara pemecahan suatu soal tanpa harus bertatap muka. Sebuah terobosan menarik untuk sistem pembelajaran privat jarak jauh. Selain itu model pembayaran yang dipakai kemungkinan besar akan menggunakan sistem per jam, model yang juga diterapkan di sistem Ruangguru sebelumnya.

Selain meluncurkan aplikasi mobile, Ruangguru juga mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mengintegrasikan seluruh layanannya menjadi satu platform dalam rangka meningkatkan kualitas layanan mereka.

“Tahun ini, kami berambisi untuk memperkuat posisi kami sebagai perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Selain meluncurkan aplikasi mobile, saat ini kami sedang mengintegrasikan seluruh layanan Ruangguru menjadi satu platform, untuk semakin meningkatkan kualitas layanan Ruangguru bagi pengguna layanan. Kami juga sedang melakukan audiensi dan kerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah di Indonesia agar layanan Ruangguru dapat dinikmati oleh semakin banyak murid dan guru di seluruh Indonesia,” terang pihak Ruangguru.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again