Categories

Berita

Targetkan 5,5 Juta Pengguna, Rumah.com Akuisisi RumahDijual

Akuisisi ini menempatkan total kepemilikan marketshare "time on site" 43%, hampir dua kali lipat dibanding kompetitor

Yenny Yusra - 3 December 2015

Hari ini secara resmi Rumah.com, anak perusahaan PropertyGuru Group, mengumumkan akuisisi situs RumahDijual yang dimiliki oleh Yohanes Aristianto dengan jumlah yang tidak diungkapkan. Langkah ini merupakan akuisisi pertama yang dilakukan oleh Rumah.com dengan tujuan untuk menjangkau lebih dari 5,5 juta pencari properti dengan total kunjungan lebih dari 30 juta halaman setiap bulannya.

Strategi bisnis ini merupakan bentuk kelanjutan investasi sebesar $ 175 juta dari konsorsium strategis tiga investor TPG, SquarePeg Capital, dan Emtek Group pada bulan Juni 2015.

“Kami melihat nama RumahDijual.com cukup berpotensi dari segi SEO hingga jumlah pengguna serta traffic yang signifikan jumlahnya, setelah proses alot selama hampir satu tahun akhirnya Rumah.com memutuskan untuk mengakuisisi RumahDijual.com,” kata General Manager Rumah.com Wasudewan kepada media hari ini (03/12) di Jakarta.

Sejak didirikan pada tahun 2010 silam, RumahDijual.com milik pria lulusan ITB ini telah mampu mendapatkan 17 juta pageviews setiap bulannya dan peningkatan 2,6 juta pengguna setiap bulannya dalam kurun waktu 5 tahun. Dari sisi SEO, nama RumahDijual.com juga mampu menjadi kata kunci (keyword) yang sering digunakan oleh pengguna pada saat mencari informasi melalui mesin pencari tentang informasi properti terkini.

“Ketika saya bertemu dengan pihak dari Rumah.com saya menyadari bahwa kita memiliki visi yang sama untuk membantu para pencari rumah di Indonesia menemukan pilihan yang tepat. Saya yakin dengan bergabung bisa menempatkan pencarian properti di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Yohanes.

Meskipun telah diakuisisi, RumahDijual.com tidak langsung terintegrasi dengan situs dari Rumah.com. Hal ini dilakukan agar masing-masing situs bisa tetap menjalankan usaha yang ada, menarik lebih banyak pengguna, dan menawarkan fitur andalan.

Dengan akuisisi ini gabungan kedua situs meraih 43% dari total market time on site, yang merupakan total waktu yang diperoleh oleh seluruh situs properti di Indonesia saat ini.

Langkah akuisisi merupakan yang kedua di industri marketplace properti tahun ini. Enam bulan yang lalu, layanan marketplace milik Rocket Internet Lamudi telah mengakuisisi PropertyKita. Hal ini memberi sinyal adanya konsolidasi di industri yang pemainnya semakin terbatas.

Menempatkan Rumah.com sebagai pemimpin pasar online properti di Indonesia

Dengan dilakukannya akuisisi kepada RumahDijual.com menempatkan posisi Rumah.com sebagai pemimpin pasar online property di Indonesia, dengan engagement market share hampir dua kali lipat dari pemain lainnya. Akuisisi ini juga menyediakan pilihan lebih kaya dengan informasi berkualitas yang akan membantu pencari properti di Indonesia menemukan rumah.

Untuk tahun 2016 mendatang, Rumah.com juga menjanjikan akan menambahkan fitur-fitur baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna. Dari survei yang telah dilakukan tim Rumah.com, saat ini pengguna terbesar berasal dari smartphone, selebihnya dari desktop.

“Rumah.com telah membawa inovasi seperti memperbarui versi aplikasi mobile, penyegaran situs di bulan Juli 2015, dan penggabungan kalkulator KPR di situs dan aplikasi mobile. Setelah inovasi yang kami lakukan terbukti kunjungan pengguna yang masuk ke situs kami tumbuh 22% year-on-year dengan pertumbuhan kunjungan dari smartphone mencapai 53%,” kata Wasudewan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id