6 September 2012

by Amir Karimuddin

Rumor: Amazon Bakal Keluarkan Smartphone Android

Amazon sudah mengeluarkan Kindle Fire yang berbasis Android tahun lalu. Tahun ini, kejutan besar Amazon adalah kemungkinan munculnya smartphone miliknya, tentunya tetap menggunakan Android. Nanti malam Amazon bakal mengadakan event untuk memperbarui jajaran gadgetnya, termasuk sejumlah seri Kindle terbaru dan generasi selanjutnya dari Kindle Fire.

Belum ada leak soal bagaimana bentuk smartphone Amazon dan spesifikasinya. Meskipun demikian. The Verge mengemukakan bahwa pihaknya memprediksi bahwa smartphone ini belum siap diproduksi dengan massal dan akan menggunakan varian kustomisasi dari Android 4.0. Ajang nanti malam hanya akan memperkenalkan produknya secara resmi ke publik.

Amazon bukanlah partner resmi Google sehingga varian jajaran gadget Android-nya memiliki toko aplikasi tersendiri dan tidak terhubung dengan segala layanan native Google, termasuk Google Maps. Ada spekulasi bahwa Amazon akan menggandeng Nokia untuk menggunakan Nokia Maps sebagai solusi.

Ini merupakan bentuk evolusi Amazon, dari sekedar penjual buku online menjadi perusahaan teknologi raksasa. Industri mobile adalah salah satu industri paling hot saat ini dan Amazon tentunya tidak mau ketinggalan kereta. Perlu digarisbawahi bagaimana solusi smartphone ini membantu Amazon untuk mendukung solusi e-book (melalui Kindle) yang menjadi core business-nya. Kemarin, Amazon membuka Appstore untuk pasarnya di Eropa.