1. Lifestyle

[Rumor] Dua Game Xbox One Ini Mungkin Akan Segera Kehilangan Status Eksklusifnya

Judul dan franchise game eksklusif biasanya digenggam erat oleh produsen console demi menjaga ketertarikan konsumen akan sistem mereka. Masalahnya, eksklusifitas bukanlah berita baik untuk khalayak dan juga developer. Itu mengapa akhir-akhir ini Microsoft melepas beberapa permainan eksklusif Xbox One ke platform Windows PC.

Menurut laporan IGN mungkin setidaknya akan ada dua judul eksklusif Xbox lagi yang segera menyusul Dead Rising 3 dan Ryse: Son of Rome. Mereka adalah dua game andalan Microsoft di genre berbeda, Forza Horizon 2 serta serta Sunset Overdrive. Walaupun representasi Xbox telah menampik kabar tersebut, beberapa bukti malah menyatakan sebaliknya.

Pertama, pentunjuk datang dari Amazon Perancis. Menurut terjemahan laman tersebut, versi Forza Horizon 2 akan didistribusikan dalam satu hingga dua bulan lagi. Sayangnya permainan shooter bertema komedi, Sunset Overdrive, tak bisa diakses. Anehnya, pengguna Amazon dapat mendaftarkan alamat email mereka untuk mendapatkan notifikasi seandainya permainan tersebut tersedia.

Dan seorang user forum NeoGAF bernama Lucifon memberitahu rekan-rekannya, di halaman iklan koran lokal, Sunset Overdrive tertulis akan diluncurkan eksklusif untuk platform Xbox One dan PC. Mengetahui hal itu, Mike Ybarra selaku platform manager Xbox langsung merespon via Twitter, menerangkan bahwa penulisan PC tersebut hanyalah sebuah kesalahan.

 

Info menarik: Yang Perlu Anda Tahu Tentang Far Cry 4 Dalam Video Berdurasi 8 Menit

 

Menurut developer Sunset Overdrive, Insomniac Games, alasan mengapa mereka memutuskan agar permainan itu menjadi judul eksklusif bukanlah soal uang. Namun mereka ingin agar memiliki kesempatan untuk mengendalikan dan memiliki IP tersebut. Sebelumnya, judul-judul game milik developer seperti Spyro, Rarchet & Clank dan Resistence dirilis khusus di platform PlayStation. Baru Outernauts saja yang tersedia di Xbox 360 serta di PlayStation 3.

Bersama Halo: The Master Chief Collection, Forza Horizon 2 dan Sunset Overdrive boleh dibilang merupakan permainan eksklusif Xbox One yang berhasil meraih rata-rata skor di atas 80 di situs agregat Metacritic - belum ada yang melampaui 90. Namun walau developer telah menyatakan maksud mereka, keputusan melepas status eksklusif game-game tersebut berada di tangan Microsoft. Dan tentu saja, publisher memiliki keinginan untuk menjual kopi permainan lebih banyak.

Di platform Xbox One, Forza Horizon 2 sudah tersedia semenjak tanggal 30 September kemarin, sedangkan Sunset Overdrive telah diluncurkan tanggal 28 Oktober 2014.

Sumber gambar: InsomniacGames.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again