Categories

Mobile

[Rumor] Xiaomi Kembangkan Smartphone Murah Berbekal Prosesor Buatan Tiongkok

Bambang Winarso - 13 November 2014

Vendor perangkat asal Tiongkok yang sedang bersinar, Xiaomi, dikabarkan sedang bersiap-siap meluncurkan satu lagi produk smartphone baru. Seperti di varian-varian perangkat Xiaomi lainnya, smartphone ini pun dibanderol dengan label harga super terjangkau, hanya $65 per unit.

Menariknya, cikal bakal smartphone terbaru Xiaomi ini membawa komponen anyar yang berbeda dari semua varian Xiaomi yang pernah ada. Alih-alih menggunakan prosesor buatan MediaTek ataupun Qualcomm, Xiaomi kabarnya lebih memilih menggunakan komponen buatan Leadcore yang notabene merupakan perusahaan pembuat chip yang juga bermarkas di Tiongkok.

Perlu dicatat, Xiaomi sudah menginvestasikan dananya ke perusahaan ini, yang tampaknya sengaja disiapkan guna mendukung rencana bisnis mereka di masa mendatang.

Sayang tidak ada detail lebih jauh yang menjelaskan bagaimana bentuk kerjasama keduanya. Analisis bermunculan, salah satunya pandangan bahwa Xiaomi berupaya untuk mengembangkan ekosistem komponen sendiri seperti yang ditempuh Samsung dengan Exynos-nya. Apakah bertujuan untuk menggeser MediaTek dan Qualcomm di masa mendatang? Hanya Xiaomi yang tahu.

 

Info Menarik: Petinggi Mozilla Sorot Kurangnya Transparansi di Sistem Operasi Android dan iOS

 

Popularitas Leadcore memang tidak sementereng MediaTek, apalagi Qualcomm. Namun dengan dukungan kuat dari Xiaomi, potensi menjegal perusahaan ini di masa depan tentu tak lantas bisa diabaikan begitu saja. Tentu kita semua sudah sadari, Xiaomi berhasil melakukannya sekali dengan sukses memposisikan diri sebagai penantang Samsung dan Apple. Tidak menutup kemungkinan mereka melakukannya lagi melalui Leadcore.

Leadcore LC1860 dibangun menggunakan arsitektur 28nm Cortex A7 dengan kemampuan daya gedor 2.0 GHz. Komponen ini dipasangkan dengan grafis Mali T628 GPU yang kombinasinya menghadirkan dukungan layar 2K berkualitas tinggi, daya tangkap video 1080p 60fps termasuk dukungan 4G LTE, 3G dan GSM.

Melihat kemampuan yang dimiliki oleh prosesor ini, tak berlebihan bila kita berpandangan bahwa ini terlalu bagus untuk jadi kenyataan. Terlebih perangkat seharga $65 ini juga dibekali RAM 1GB dan layar 720p. Tapi, seperti biasa, Xiaomi selalu punya kejutan besar tiap kali menelurkan produk baru.

Selasa lalu mereka juga berhasil memecahkan rekor baru sepanjang perhelatan Single's Day dengan penjualan sebanyak 1,16 juta perangkat hanya dalam 24 jam.

Sumber berita Ubergizmo. Gambar header ilustrasi perangkat Redmi 1S. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter