14 March 2014

by Bambang Winarso

[Rumor] Xiaomi Siapkan Penerus Redmi, Layar Lebih Besar dan Prosesor Lebih Superior

Belum lagi resmi masuk ke Indonesia, Xiaomi dikabarkan sudah bersiap-siap dengan jagoan baru yang disebut-sebut sebagai suksesor model Redmi. Sebuah bocoran gambar yang dipercaya sebagai Redmi 2 muncul di dalam daftar sertifikasi TENNA Cina, seperti yang dilansir oleh Engadget dan GSMArena beberapa saat yang lalu.

Kemunculan gambar tersebut memunculkan spekulasi akan penerus Xiaomi Redmi, kendati smartphone kelas low end tersebut baru saja dirilis di Singapura belum lama ini.

 

Info Menarik: Permainan Angry Birds Baru Ternyata Ber-genre Role-Playing Game

 

Dikutip dari Engadget, perangkat terbaru yang sedang digodok oleh Xiaomi tersebut nantinya dipersenjatai sejumlah amunisi yang lebih superior, misalnya dari segi prosesor.

Tak main-main, meskipun mengemban misi sebagai perangkat low end, Redmi 2 akan mendapatkan asupan kecepatan luar biasa tinggi dari prosesor octa-core besutan Mediatek. Versinya dipercaya akan tersedia dalam dua pilihan, 1.4 GHz dan 1.7 GHz.

Peningkatan kedua terletak pada bagian layar yang dipercaya lebih besar ketimbang pendahulunya, seri Redmi sebelumnya memiliki layar IPS 4,7 inci beresolusi HD 720p sementara Redmi 2 ini akan terbalut layar 5.5 inci. Sistem operasi smartphone ini juga diyakini sudah menggunakan Android 4.2.2 dengan dukungan RAM 1GB.

Fitur kamera mendapatkan peningkatan baik kamera depan maupun belakang, jika Xiaomi Redmi menggunakan kamera depan 1.3MP di generasi kedua ini meningkat menjadi 5MP sementara untuk kamera belakang meningkat menjadi 13MP.

 

Info Menarik: New Razer Blade, Laptop Gaming 14-inci dengan Resolusi Tertinggi di Bumi

 

Sayangnya penerus Redmi ini disebut tidak memboyong dukungan LTE, padahal dengan banderol sekitar $130 sebagian besar smartphone yang ditawarkan di Cina sudah mendapatkan dukungan LTE. Barangkali celah ini yang menjadi kelemahan perangkat baru Xiaomi dan dapat dimanfaatkan oleh pesaing lain untuk tetap memberikan perlawanan. Meski untuk beberapa negara, ketiadaan LTE masih bisa dimaklumi karena belum tersedianya jaringan ini di operator.

Xiaomi Redmi 2 ini diprediksi segera muncul ke permukaan pada perhelatan event MiFan Festival yang akan diadakan pada bulan April mendatang.

Perjalanan Xiaomi Redmi sejauh ini terbilang luar biasa, di pasar lokal, performa Xiaomi tak bisa diremehkan. Tak hanya di negeri sendiri, di luar Cina pun produk Xiaomi banjir peminat seperti yang dituliskan TeknoKompas mengutip TheNextWeb, disebutkan bahwa Xiaomi telah menjual 10.000 unit dalam waktu 9 menit 50 detik di Taiwan.

Meskipun sempat disebut-sebut akan masuk ke Indonesia, namun hingga kini belum ada titik terang akan terlaksana. Dan jika benar suksesor Redmi sudah dipersiapkan, masih mungkinkah Indonesia dapat mencicipi Xiaomi Redmi yang laris manis tersebut?