1. DScovery

Rumus Penjumlahan di Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan.  Mempelajari rumus dan penjumlahan di Microsoft Excel sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu menghafal rumus yang akan digunakan untuk melakukan penjumlahan.

Dengan mengetahui rumus penjumlahan di Microsoft Excel, dapat mempermudah hingga mempercepat pekerjaanmu dalam mengolah angka. Berikut artikel mengenai cara mudah membuat rumus penjumlahan di Microsoft Excel.

Menggunakan ikon +

Cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumus penjumlahan di Microsoft Excel yaitu menggunakan ikon plus (+). Cara ini merupakan yang paling dasar dalam penjumlahan di Microsoft Excel. Kamu cukup menuliskannya pada kolom formula bar.

Penulisannya pun sama seperti penjumlahan biasa. Kamu hanya perlu memasukan angka dan menambahkan simbol +. Tidak lupa, untuk menambahkan simbol “=” di awal.

Menggunakan fungsi SUM

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumus penjumlahan di Microsoft Excel yaitu menggunakan fungsi SUM. Cara ini terbilang cukup efisien jika ingin menjumlahkan dalam jumlah yang banyak dan berurutan. Fungsi SUM ini sudah disediakan oleh Microsoft Excel. Caranya mudah, kamu cukup memasukan rumus =SUM(kolom yang ingin dijumlahkan : kolom yang ingin dijumlahkan)

Menggunakan Fungsi SUMIF

Hampir sama dengan fungsi SUM, fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan penjumlahan tetapi dengan kriteria tertentu. Pastikan, nilai yang akan dijumlahkan harus memenuhi syarat.

Menggunakan Fungsi SUMIFS

Berbeda dengan SUMIF, fungsi ini lebih terpacu pada penjumlahan dengan kriteria yang lebih dari satu. Jika pada SUMIF kamu harus menjumlahkan dengan syarat dan kriteria tertentu, Fungsi SUMIF memperbolehkan kamu menjumlahkan data berdasarkan lebih dari satu kriteria atau syarat.

Menggunakan SUBTOTAL

Fungsi subtotal bisa digunakan apabila kamu ingin menjumlahkan data dengan memfilternya terlebih dahulu. Fungsi ini cukup efisien digunakanuntuk menghitung total dari sebuah data.

Rumus fungsi SUBTOTAL

=SUBTOTAL(function_numb,reff,…)

Berikur cara mudah membuat rumus penjumlahan pada Microsoft Excel yang bisa kamu terapkan. Setelah membaca ini, kamu tidak perlu bingung lagi apabila ingin melakukan penjumlahan di Microsoft Excel. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again