Listicles

12 Daftar Saham Properti untuk Investasi Jangka Panjang

Salah satu investasi yang cukup menguntungkan di Indonesia adalah saham properti. Apa saja daftar saham properti? Cari tahu di sini!

Setelah saham syariah, dalam investasi juga ada yang disebut saham properti. Di Indonesia daftar saham properti juga cukup banyak. Namun, apa itu saham properti?

Saham properti adalah salah satu jenis saham di sektor properti seperti perumahan, real estate, atau apartemen dengan menanamkan modalnya di sana. Investasi di bidang properti juga menjadi salah satu investasi yang sering dicari oleh investor karena bisnis properti di Indonesia juga cukup tinggi.

Namun, tentunya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar kamu harus menanamkan modal yang tidak sedikit dan mendaftarkannya di daftar saham properti terbaik Indonesia.

Apa saja daftar saham properti di Indonesia? Simak langsung penjelasannya ya!

Daftar Saham Properti di Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak daftar saham properti yang bisa kamu pilih untuk investasi jangka panjang atau jangka pendek.

1. Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Daftar saham properti yang pertama adalah Summarecon Agung Tbk yang merupakan pencetus pembangunan Jakarta, perusahaan properti ini adalah salah satu perusahaan pembangunan yang mengembangkan kawasan Kelapa gading. Beberapa tahun terakhir juga SMRA memiliki pertumbuhan yang cukup naik secara perlahan.

2. PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI)

PT Alam Sutera Realty Tbk adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan juga pengelolaan pembangunan perumahan, perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1999. Harga jual beli saham ASRI juga mengalami naik turun.

3. PT Pollux Property Indonesia Tbk (POLL)

Saham properti di Indonesia juga bisa berasal dari perusahaan properti internasional seperti PT Pollux Property Indonesia yang merupakan perusahaan pengembang seperti hote, pusat perbelanjaan,l dan apartemen komersial yang ada di kota besar.

4. Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Daftar saham properti selanjutnya datang dari perusahaan pengembangan properti yang sudah cukup terkenal seperti pengembangan mall, apartemen, rumah sakit, dan hotel yaitu Lippo Karawaci TBK.

5. Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Tidak semua saham properti itu bergerak di pembangunan Kota Jakarta saja, Pakuwon Jati Tbk, bergerak dalam perusahaan properti khususnya pembangunan mal retail di Surabaya. Saham properti ini merupakan salah satu saham properti berbasis syariah yang bisa kamu pilih.

6. Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN)

Daftar saham properti selanjutnya adalah Plaza Indonesia Realty yang bergerak di pembangunan pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, dan perkantoran. Pergerakan harga saham PLIN di tahun 2022 juga tidak mengalami penurunan yang cukup jauh, cenderung stabil di beberapa waktu.

7. Ciputra Development Tbk (CTRA)

Perusahaan properti yang berdiri sejak tahun 1981 ini mengurusi penjualan dan pengembangan berbagai pembangunan seperti perkantoran, perumahan, apartemen, ruang perkantoran, dan pusat perbelanjaan di berbagai kota besar. Di tahun 2022, harga saham juga mengalami peningkatan.

8. Agung Podomoro Land Tbk (APLN) 

Daftar saham properti selanjutnya adalah Agung Podomoro Land Tbk, yang bergerak dalam pembangunan perumahan, hotel, apartemen, mal, dan juga gedung perkantoran. Saat ini sudah ada lebih 50 properti di bawah naungan Agung Podomoro Land Tbk.

9. PT Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI)

Salah satu perusahaan properti yang menaungi perumahan elit di kawasan Jakarta Selatan yaitu Rumah Pondok Indah dan Pondok Indah Mall. Perusahaan yang bergerak sejak tahun 1972 ini juga mengembangkan aset properti lainnya. Sejak 30 November 2021. Harga saham MKPI adalah 24.950 per lembar.

10. PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO)

Menurut IDX Sector Property & Real Estate, PT Maha Properti indonesia menjadi sebuah perusahaan properti yang memiliki nilai kapitalisasi terbesar ke-6. Perusahaan ini masuk daftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018.

11. Puradelta Lestari Tbk (DMAS)

Perusahaan properti asal Jepang, Puradelta Lestari Tbk adalah perusahaan kolaborasi dari Sojitz Corporation dan PT Sinarmas Land. Perusahaan ini mengembangkan perumahan, perkantoran, dan pembangunan industri di Kota Deltamas khususnya Cikarang, Bekasi. Pada tahun 2022, harga saham DMAS juga cukup berjalan stabil walaupun naik turun.

12. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Daftar saham properti yang terakhir adalah Bumi Serpong Damai Tbk yaitu sebuah perusahaan properti yang mengembangkan perkantoran, perumahan, pusat perbelanjaan, dan kawasan industri. Di tahun 2021, pertumbuhan saham BSDE juga cukup stabil.

Nah, itulah dua belas daftar saham properti yang ada di Indonesia, memang semenjak adanya COVID-19 saham properti mengalami naik turun. Namun, kamu bisa berinvestasi di saham properti yang memiliki portofolio cukup baik dan sesuai dengan modal keuanganmu.

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again