1. DScovery

Sales Force: Pengertian, Fungsi, Tugas, Manfaat, dan Besaran Gajinya

Sales force adalah tim yang bertanggung jawab untuk mempromosikan dan menjual barang atau jasa dari perusahaan.

Sales force adalah komponen penting yang memandu strategi marketing secara keseluruhan. Dan peran sales force di beberapa perusahaan besar adalah mengawasi semua aktivitas tim penjualan. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan ini sangat penting bagi keberhasilan dan pertumbuhan perusahaan.

Apa sebenarnya sales force itu? Yuk simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Sales Force

Sales force adalah departemen, tim, atau individu dalam perusahaan yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjual produk dan layanan (jasa). Kegiatan rutinnya termasuk mengunjungi atau menelepon pelanggan dan prospek.

Oleh karena itu dapat diartikan bahwa Sales Force adalah tenaga penjualan. Oleh karena itu, tugas utama posisi ini adalah mengatur strategi penjualan dan mengelola teknologi untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan serta mempromosikan bisnis perusahaan.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, produktivitas kerja dapat dicapai melalui penggunaan software berbasis CRM. Sering disebut Salesforce CRM (Customer Relationship Management).

Fungsi Sales Force

Seperti disebutkan sebelumnya, tugas utama sales force adalah melakukan penjualan dan meningkatkan pendapatan perusahaan secara signifikan.

Mengenai beberapa fungsi lain dari sales force, yaitu:

• Membangun Brand Awareness

Pengguna yang berpotensi menjadi pelanggan baru sangat membutuhkan interaksi atau kesempatan untuk menggunakan dan mempelajari produk kamu.

Salah satu saluran periklanan paling efektif untuk meningkatkan kesadaran adalah melalui media sosial dan situs web.

Dengan dukungan informasi yang tepat dan terpercaya, kamu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan calon pelanggan.

• Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Seorang sales force tentu saja wajib mengembangkan compensation plan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Skema kompensasi yang paling umum digunakan untuk perwakilan penjualan adalah bersosialisasi, menawarkan hadiah dalam bentuk diskon, dan mengadakan giveaway.

• Menjadi Sales Support

Sales support adalah orang yang tugasnya membantu tim penjualan mencapai kesepakatan dengan konsumen lebih cepat.

Selain itu, Sales Support juga berfungsi untuk mengidentifikasi prospek, membuat profil pelanggan, melakukan riset dan mengumpulkan informasi.

• Menyediakan Layanan Konsumen

Tugas sales selanjutnya adalah memastikan semua keinginan konsumen dapat terpenuhi dan terjalin hubungan yang baik. Pelayanan yang baik juga mencakup peningkatan kepuasan dan mempertahankan pelanggan.

Tugas Sales Force

Pekerjaan dan tugas utama sales force adalah untuk dapat menjual produk atau jasa dengan sebaik dan seefisien mungkin. Dimana tim sales atau marketing harus memiliki informasi dan mengetahui apa saja KPI penjualan perusahaan. Berikut ini adalah contoh tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi sales force.

• Memenuhi Target KPI

Tentu saja, sebagian besar perusahaan mengukur pencapaian tujuan melalui KPI penjualan, yang tidak hanya menargetkan area pendapatan, tetapi juga kinerja tim penjualan. Hal ini juga terkait dengan insentif sesuai hasil evaluasi.

• Melakukan Penjualan

Setiap anggota atau bagian dari departemen penjualan harus dapat menjual produk atau jasa yang diusulkan kepada pelanggan potensial. Mereka juga harus berusaha agar produk yang mereka jual sampai ke tangan pelanggan.

• Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Pelanggan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan. Hal pertama yang harus dilakukan penjual adalah menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen.

Cara yang tepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel untuk memudahkan proses komunikasi.

Manfaat Sales Force

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan sales force untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis perusahaan.

1. Memperoleh informasi secara langsung terkait customer journey.

2. Memantau efektivitas dari KPI.

3. Bisa mengotomatisasi proses komunikasi dengan konsumen.

4. Mendapatkan laporan penjualan secara analitik dan komprehensif.

5. Mempermudah proses administrasi pada departemen sales dan marketing.

Gaji Sales Force

Jadi jika kamu sudah mengetahui penjelasan sales force, kamu mungkin mulai khawatir dan bertanya-tanya berapa gaji sales force?

Gaji sales force tentu berbeda-beda di setiap perusahaan, tergantung beban kerja dan praktik yang ada. Rata-rata gaji seorang Sales Representative di Indonesia adalah Rp 1.800.000 per bulan atau Rp 21.600.000 per bulan.

Untuk profesional muda di awal karir sales biasanya Rp 1.340.836 per bulan. Sedangkan bagi yang sudah berpengalaman, gaji yang diterima sekitar Rp 3.060.000. Namun, gaji hanya pendapatan dasar dan tidak termasuk insentif jika penjualan melebihi target.

Nah, itulah seputar sales force dari mulai pengertiannya hingga besaran gaji yang diterima. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menapaki jenjang karir ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again