1. Startup

SalingSilang Hadirkan Wajah Baru

Tanggal 25 Mei kemarin merupakan tonggak baru bagi SalingSilang. SalingSilang kembali hadirkan wajah baru seiring dengan perkembangan bisnis yang dimilikinya. Terakhir kali kami mencatat perubahan desain SalingSilang terjadi di bulan Juli 2010. Itu artinya hampir setahun kemudian terjadi penyegaran terhadap keluarga SalingSilang yang terus berkembang. Seperti yang disebutkan oleh Enda Nasution kepada Budi Putra akhir Maret lalu, SalingSilang menargetkan untuk memiliki 50 buah situs dalam jaringannya. Dan sepertinya mereka sudah mengarah kepada hal yang tepat.

Seperti yang sudah disebutkan oleh blog resminya, ada sejumlah perubahan eksplisit di sisi konten. Terdapat informasi tambahan yang disebut sebagai "Rubrik". Ada Rubrik Peristiwa, Laporan, Gerakan dan juga Komik. Rubrik ini tak ubahnya bersifat sebagai kanal dengan penamaan unik. Selain itu di sisi kanan Anda juga bisa melihat update terkini soal tren pembicaraan di ranah Twitter Indonesia atau yang biasa Anda kenal sebagai Trending Topic.

Ada pula Direktori Facebook Page Indonesia yang memonitor dan memuat peringkat Facebook Page milik orang Indonesia yang diurut berdasarkan banyaknya orang yang menyukainya. Perkembangannya juga ditampilkan secara harian dalam bentuk grafis. Ternyata Dahsyat dan Mario Teguh telah memiliki penggemar lebih dari 4 juta orang di Facebook! Tentunya Anda bakal mahfum kalau daftar ini dipenuhi oleh nama-nama artis lokal. Meski ada satu dua nama di luar domain tersebut, seperti Ust. Yusuf Mansur dan BlackBerry Indonesia. Berikutnya adalah Jejaring SalingSilang, di mana secara total sudah ada 20 situs yang berada di bawah manajemen SalingSilang.

Berikutnya, SalingSilang memiliki sejumlah segmen baru, yaitu:

  • Petatwit — sebuah visualisasi percakapan di Twitter, khususnya dari pengguna di Indonesia. Fitur ini merupakan dikembangkan oleh salingsilang.com dan Tuitwit sebagai layanan klien Twitter berbasis web.
  • Tur salingsilang.com — panduan singkat seputar salingsilang.com
  • Catatan salingsilang.com — blog yang dikelola oleh tim salingsilang.com, yang akan memberikan informasi terbaru seputar pengembangan salingsilang.com. Dalam situs ini juga tim akan berbagi hal-hal dibelakang salingsilang.com.

Dalam acara peluncuran situs SalingSilang yang baru, juga diperkenalkan sejumlah anggota baru SalingSilang, yang melengkapi keluarga SalingSilang menjadi 20 situs, yaitu:

  1. Kufoto — situs yang menempatkan foto sebagai konten utama. Anda dapat berbagi sekaligus belajar seputar fotografi, dan juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang digagas bersama dengan komunitas.
  2. Twitalk — Obrolan ringan dengan sosok atau tokoh yang memiki kapabilitas untuk berbagi sesuai dengan bidangnya. Sesuai dengan namanya, obrolan ini bukan dikemas dalam format acara offline, namun dilakukan secara online di Twitter!
  3. Akademi Berbagi — Sebuah gerakan sosial sebagai medium untuk bertukar pengetahuan. Pada awalnya hanya dilakukan di Jakarta saja,  namun saat ini Anda bisa mengikuti kegiatan Akademi Berbagi di kota-kota lain seperti Bandung, Semarang, Jogjakarta, Medan, Ambon, Palembang dan Surabaya.
  4. GUSDURian — Siapa yang tak kenal Gus Dur? Salah satu putra bangsa yang luar biasa ini. Dalam situs GUSDURian, Anda dapat berbagi dan belajar tentang pemikiran-pemikiran Gus Dur.
  5. Srimulat — Hadir untuk menjawab kerinduan masyarakat terhadap Srimulat, sebuah grup yang berdedikasi untuk dunia hiburan di tanah air. Selain itu, situs ini juga ingin mengajak grup-grup kesenian daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Sebagai tambahan, kami mendengar rumor tentang adanya akuisisi sebuah layanan Twitter client yang sudah cukup lama menjadi sahabat SalingSilang. Tuitwit namanya, merupakan Twitter client berbasis mobile web yang diklaim bercitarasa Indonesia dan memiliki unsur merah dipadankan dengan latar putih. Tentu saja yang dirumorkan mengakuisisi Tuitwit adalah pihak SalingSilang itu sendiri. Kami masih menunggu konfirmasi dari Judotens Maulid Budiarto (Judo) selaku founder Tuitwit dan (juga) engineer SalingSilang tentang hal ini.

Selamat kami ucapkan kepada keluarga SalingSilang untuk milestone ini dan tetaplah bergerak memandu perkembangan blog dan social media di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again