5 March 2014

by Iqbal Farabi

Samsung Chromebook 2 Resmi Dirilis, Hadir dalam Dua Varian Ukuran

Setelah cukup lama tidak merilis perangkat berbasis Chrome OS, Samsung akhirnya kembali merilis perangkat Chromebook. Tidak hanya satu, Samsung sekaligus merilis dua varian perangkat yang diberi nama sebagai Chromebook 2 ini.

Varian Chromebook 2 yang pertama berukuran layar 13,3 inci dengan resolusi 1920x1080 Full HD. Varian ini dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup tinggi berupa prosesor octa core Exynos 5 berkecepatan 2,1 GHz, memori RAM 4 GB, kapasitas penyimpanan internal 16 GB, space pada layanan Google Drive sebesar 100 GB, webcam beresolusi 720p, dan baterai yang dijanjikan akan sanggup beroperasi selama 8,5 jam tanpa harus terhubung ke sumber listrik lain.

Sementara itu, varian kedua hadir dalam ukuran yang lebih kecil dengan beberapa spesifikasi yang juga lebih terbatas. Varian kedua hadir dengan layar 11,6 inci beresolusi 1377x768 piksel, prosesor octa core Exynos 5 berkecepatan 1,6 GHz, dan baterai yang diklaim bisa beroperasi selama 8 jam sebelum memerlukan recharge. Spesifikasi lain seperti RAM, kapasitas penyimpanan internal, dan webcam varian 11,6 inci ini sama persis dengan yang dimiliki oleh varian 13,3 inci.

 

Hal lain yang cukup menarik, kedua perangkat Chromebook 2 ini mengadaptasi casing berbahan mirip kulit seperti yang bisa ditemui di perangkat Galaxy S4 dan Galaxy Note 3. Ini menarik karena Galaxy S5 yang merupakan penerus Galaxy S4 sendiri malah sudah tidak lagi menggunakan bahan yang serupa.

Chromebook 2 varian 13,3 inci dibanderol dengan harga $399 dan tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Sementara varian 11,6 inci dibanderol dengan harga $319 dan tersedia hanya dengan pilihan warna abu-abu.

 

Sumber: Android Authority.