17 October 2017

by Bambang Winarso

Samsung Connect Tag, Perangkat Mungil Pemantau Lokasi yang Serbaguna

Samsung Connect Tag berukuran mungil sehingga bisa dilekatkan di kalung hewan, kunci mobil dan ikat pinggang anak

Samsung tak ingin siapapun merasakan kebingungan dan sedih karena kehilangan hewan kesayangan, kunci mobil, kuncil tas atau yang terburuk, kehilangan anak. Baru-baru ini perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan Samsung Connect Tag, salah satu perangkat portabel yang menggunakan standar teknologi narrowband IoT (NB-IoT). Ukurannya mungil, sehingga mudah dilekatkan ke kunci, kalung hewan, ikat pinggang anak agar mudah dilacak secara real-time. Samsung mengatakan bahwa perangkatnya ini dirancang untuk memastikan para orang tua agar tak khawatir dengan keberadaan anaknya ketika sibuk memasak di dapur, atau hewan peliharaan yang punya kebiasaan bergerak secara aktif.

Connect Tag dirancang untuk komunikasi seluler standar guna pemanfaatan data berukuran relatif kecil, konsumsi daya rendah dan kemampuan terhubung dengan aman ke internet untuk mendapatkan informasi lokasi yang optimal. Perangkat menawarkan pemberitahuan lokasi berdasarkan jaringan NB-IoT atau Cat.M1. Samsung Connect Tag menjalankan fungsi-fungsi GPS, Wi-Fi berbasis posisi (WPS) dan Cell ID, sehingga dapat menerima informasi lokasi yang akurat baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Fitur geo-fence pada Samsung Connect Tag akan memberitahu perangkat cerdas yang dipilih pengguna. Perangkat juga menawarkan fitur untuk meminimalkan kekhawatiran dan meningkatkan fungsionalitas. Fungsi on-demand memungkinkan permintaan lokasi Connect Tag bila diinginkan, cukup dengan menekan sebuah tombol di smartphone.

Dengan lebar hanya 4,21 sentimeter dan tebal 1,19 sentimeter, Samsung Connect Tag cukup kecil dan dilengkapi dengan SIM (eSIM) tertanam, yang secara teknis berfungsi sebagai kartu memori "virtual" yang tidak dapat dilepas, hemat tempat dan tidak membutuhkan instalasi fisik yang merepotkan.

Samsung belum membeberkan kapan tepatnya akan mulai menjual perangkat ini, atau berapa harga yang harus ditebus oleh pelanggannya. Tapi Samsung Connect Tag akan mulai dijual di Korea Selatan dalam beberapa bulan mendatang. Rincian lebih lanjut bakal disajikan di ajang Samsung Developer Conference 2017 yang dimulai pada hari Rabu di San Francisco.

Sumber berita Samsung.