Samsung CRG5 Adalah Monitor 240 Hz Pertama dengan Layar Curved

Samsung CRG5 Adalah Monitor 240 Hz Pertama dengan Layar Curved

Samsung juga menyingkap Space Gaming Monitor yang memiliki desain unik
Samsung CRG5 / Samsung
Samsung CRG5 / Samsung

Entah disengaja atau tidak, Gamescom 2019 jadi panggung peluncuran atas sederet monitor gaming yang revolusioner. Pertama ada Alienware 55 yang mengemas panel OLED berukuran masif. Kedua ada HP Omen X 27 yang mengawinkan resolusi QHD dengan refresh rate 240 Hz.

Sekarang giliran Samsung yang unjuk gigi lewat Samsung CRG5, yang diyakini merupakan monitor 240 Hz pertama dengan layar curved alias melengkung. Premis yang diusung pada dasarnya adalah bagaimana konsumen dapat menikmati sesi gaming yang immersive tanpa harus mengorbankan performa.

Secara teknis, CRG5 mengemas panel tipe VA (vertical alignment) berukuran 27 inci. Resolusinya memang cuma 1920 x 1080 pixel, akan tetapi kurvaturnya mencapai 1500R, dan rasio kontrasnya juga tergolong tinggi di angka 3000:1. Di samping mempunyai refresh rate yang tinggi, monitor ini juga kompatibel dengan fitur anti-tearing Nvidia G-Sync.

Seperti halnya monitor-monitor modern, rancangan dengan bezel yang amat tipis membuatnya tetap ideal dalam konfigurasi dual monitor. Bagian belakangnya juga dibuat seminimalis mungkin agar setup gaming konsumen tidak terganggu secara estetika.

Samsung Space Gaming Monitor / Samsung
Samsung Space Gaming Monitor / Samsung

Di samping CRG5, Samsung turut menyingkap versi gaming dari Samsung Space Monitor. Seperti saudara non-gaming-nya, keistimewaannya terletak pada dudukan unik yang dapat dijepitkan ke belakang meja, sehingga layarnya bisa dipepetkan ke tembok guna menghemat ruang di atas meja.

Penambahan label “Gaming” pada namanya mengacu pada panel 32 inci beresolusi 2560 x 1440 pixel yang memiliki refresh rate 144 Hz, sesuai dengan standar minimal mayoritas gamer saat ini. Tidak ketinggalan juga adalah kompatibilitas FreeSync bagi para pengguna GPU AMD Radeon.

Saat ini yang sudah dipasarkan barulah Samsung CRG5 saja, dengan banderol $400. Space Gaming Monitor di sisi lain belum memiliki jadwal rilis maupun banderol harga, namun seandainya versi standarnya bisa dijadikan rujukan, monitor tersebut dijual dengan harga $330 – $400 (tergantung varian).

Sumber: Samsung.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…