Categories

Gadget

Samsung Umumkan Galaxy S10 Lite dan Note 10 Lite

Warisi fitur unggulan versi standarnya selagi memangkas sejumlah aspek demi menjangkau lebih banyak kalangan

Glenn Kaonang - 6 January 2020

Tidak biasanya Samsung memperkenalkan smartphone baru di ajang Consumer Electronics Show (CES), tapi itulah yang mereka lakukan tahun ini. Bukan, yang mereka umumkan bukanlah penerus Galaxy S11, melainkan versi lebih terjangkau dari duo ponsel flagship-nya tahun lalu, Galaxy S10 dan Note 10.

Galaxy S10 Lite dan Note 10 Lite, dari namanya saja sudah kelihatan kalau kedua perangkat ini mencoba untuk menawarkan fitur yang menjadi unggulan versi standarnya selagi memangkas sejumlah aspek demi menekan ongkos. Memangnya semurah apa kedua perangkat ini jika dibandingkan dengan versi standarnya? Sayang sekali Samsung masih enggan merincikannya.

Untuk S10 Lite, fitur unggulan yang ia warisi adalah tiga kamera belakang berspesifikasi mumpuni: 48 megapixel f/2.0 dengan Super Steady OIS, ultra-wide 12 megapixel f/2.2, dan macro 5 megapixel f.2,4. Samsung bilang bahwa Super Steady OIS memastikan rekaman video yang diambil selalu stabil, sekaligus memudahkan pengambilan gambar aksi-aksi cepat.

Untuk Note 10 Lite, warisannya apa lagi kalau bukan S Pen. Seperti di Note 10 standar, stylus yang tersambung via Bluetooth LE ini mendukung beragam fungsi pengoperasian yang tentu membuat Note 10 Lite layak dilirik oleh mereka yang memerlukan penunjang produktivitas selagi mobile.

Selebihnya, S10 Lite dan Note 10 Lite punya banyak kemiripan, terutama terkait layarnya. Keduanya sama-sama mengusung layar Super AMOLED 6,7 inci beresolusi 2400 x 1080 pixel, dan bagian atas tengahnya pun juga telah ditempati oleh lubang kamera dengan modul 32 megapixel f/2.2.

Urusan spesifikasi, keduanya sama-sama mengandalkan prosesor octa-core dan pilihan RAM 6 atau 8 GB, serta storage internal berkapasitas 128 GB. Kapasitas baterainya juga sama-sama besar di angka 4.500 mAh.

Tiga kamera belakang yang diusung Note 10 Lite rupanya agak berbeda: 12 megapixel f/1.7 dengan OIS dan Dual Pixel AF, ultra-wide 12 megapixel f/2.2, dan telephoto 12 megapixel f/2.4 OIS. Lebih lanjut, Note 10 Lite juga menggunakan chipset dengan fabrikasi 10 nm, sedangkan S10 Lite dengan 7 nm.

Namun kembali lagi, sangat disayangkan keduanya belum memiliki banderol harga. Jadwal rilisnya pun juga belum disebutkan. Tanpa mengetahui harganya, menurut saya sulit menakar daya tarik S10 Lite dan Note 10 Lite bila dibandingkan dengan versi standarnya maupun dengan lini A Series.

Sumber: Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter