Sektor industri menjadi salah satu target pasar yang cukup menggiurkan untuk digarap. Terbukti perusahaan pabrikan perangkat seperti Caterpillar, Kyocera, JCB, Panasonic dan bahkan Samsung tak mau kehilangan kesempatan meraup pundi-pundi profit dari sana. Nama terakhir sudah mempunyai beberapa jagoan yang kiprahnya terbukti cukup langgeng. Seri Samsung Galaxy Active dan Tab Active menjadi dua contoh generasi ponsel outdoor yang mampu bertahan di relung itu.

Kini, Samsung bahkan dikabarkan sudah mempersiapkan satu lagi generasi baru tablet tangguh untuk para pelaku bisnis dan industri. Seri baru dari Galaxy Tab Active 2 bakal terdiri dari dua model, yakni SM-T390 dan SM-T395. Menurut laporan SamMobile, seri SM-T390 merupakan model yang hanya mendukung jaringan Wi-Fi, sedangkan model SM-T395 sudah dilengkapi dengan seluler 4G LTE plus dukungan Wi-Fi. Sayangnya, untuk peluncuran perdana keduanya, Samsung disebutkan hanya akan menargetkan negara tertentu, yakni Eropa dan Amerika Latin. Tapi, Samsung mungkin saja menyiapkan skenario lain untuk pasar yang dianggap potensial. Rekam jejak seri Galaxy Tab Active di Indonesia dan sejumlah negara berkembang cukup mudah dijumpai, jadi tak ada alasan bagi Samsung untuk tidak meluncurkan keduanya.

Rumor kedua tablet tangguh ini sayangnya masih sangat muda sehingga spesifikasi yang bakal diusung juga belum dapat diketahui. Namun, sangat mungkin Samsung bakal menjejali keduanya dengan komponen dan fitur yang lebih baik dari pendahulunya.

Seri Samsung Galaxy Tab Active terdahulu dibalut layar TFT 8 inci dengan kualitas visual apik, ditandai dengan resolusi mumpuni 1280 x 800 piksel dan kepadatan 189ppi. Sektor performa cukup menjanjikan dengan kehadiran chipset Snapdragon 400 yang terdiri dari CPU quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1,19GHz. Guna memastikan kemampuan multitasking yang memadai, Samsung membenamkan komponen RAM sebesar 1,5GB bersama-sama dengan memori internal lega seluas 16GB yang apabila dirasa masih kurang, pengguna dapat menambahkan memori eksternal hingga 64GB lewat slot microSD yang sudah disediakan.

Samsung Galaxy Tab Active 8 Inci
Samsung Galaxy Tab Active 8 Inci

Berbekal nama besar seri “Active”, tablet ini mengantungi sertifikasi IP67, sehingga aman dari debu dan air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit, Tak hanya itu saja, Galaxy Tab Active diklaim tahan benturan dari ketinggian 1,2 meter.

Gambar header ilustrasi Galaxy Tab Active 8 Inci.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.