Dibanding ponsel Android lain, ponsel besutan Samsung punya lebih banyak aplikasi bawaan. Seringkali aplikasi-aplikasi tersebut juga bersifat eksklusif, akan tetapi salah satunya kini juga bisa digunakan oleh smartphone non-Samsung, yaitu Samsung Internet Browser.

Anda mungkin ingat kalau Samsung memang sempat merilis aplikasi ini di Play Store pada bulan Maret lalu, namun ketika itu yang bisa mencoba hanyalah seri Nexus dan Pixel. Sekarang, semua ponsel lain juga bisa ikut mencicipinya selama menjalankan Android versi 5.0 (Lollipop) atau yang lebih baru.

Yang mungkin jadi pertanyaan, kenapa Anda harus menggunakan Samsung Internet ketika ada alternatif lain seperti Chrome, Firefox atau Opera? Mungkin banyak yang tidak tahu, namun browser bawaan Samsung ini sebenarnya bukan sekadar proyek open-source Chromium yang dikemas ulang begitu saja, tapi juga yang menawarkan sejumlah fitur menarik.

Salah satunya adalah kemampuan sinkronisasi dengan Chrome di perangkat desktop, dengan bantuan sebuah extension. Dengan demikian, pengguna bisa membuka deretan bookmark yang sama di ponsel dan laptop meskipun browser yang digunakan berbeda.

Fitur lain yang tak kalah menarik sejumlah pilihan adblocker yang terintegrasi. Kemudian ada pula mode tampilan high contrast dan dukungan WebVR – yang di Firefox saja baru tersedia untuk versi dekstop.

Sumber: CNET dan Samsung.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.