Dark
Light

IHS: Ungguli Nokia, Samsung Kini Produsen Ponsel dengan Pangsa Pasar Terbesar di Dunia

1 min read
December 19, 2012

Meskipun sudah beberapa kuartal terakhir ini merajai pasar smartphone dengan ponsel-ponsel berbasis Android, Samsung belum sepenuhnya menjadi nomor satu jika menghitung penjualan seluruh tipe ponsel (yang juga mencakup feature phone) secara keseluruhan. Hingga pada kuartal terakhir 2012 ini, berdasarkan laporan dari sebuah perusahaan market intelligence bernama IHS iSuppli, Samsung akhirnya berhasil mengungguli Nokia dan menempatkan dirinya sebagai produsen ponsel dengan pangsa pasar terbesar di dunia.

Hingga akhir tahun ini, IHS memperkirakan bahwa pangsa pasar Samsung di seluruh dunia akan mencapai angka 29% dari 24% pada tahun lalu. Sementara pangsa pasar Nokia merosot ke 24% dari 30% tahun lalu. Ini menandai pertama kalinya sejak 14 tahun Nokia tergusur dari posisi pertama dalam pengusaan pangsa pasar ponsel secara keseluruhan. Apple, ZTE dan LG melengkapi daftar lima besar produsen ponsel terbesar veri IHS ini.

Angka ini juga menandai semakin meningkatnya pangsa pasar smartphone terhadap pangsa pasar feature phone di seluruh dunia. Menurut IHS, penjualan smartphone di seluruh dunia tahun ini meningkat sebesar 35,5% dibandingkan tahun lalu, sementara penjualan feature phone hanya meningkat 1% dibandingkan tahun sebelumnya. Penetrasi smartphone diprediksikan akan mencapai angka 47% tahun ini, meningkat cukup tajam dibandingkan dengan 35% pada 2011 lalu.

Untuk pangsa pasar smartphone sendiri komposisi lima besar agak sedikit berbeda. Samsung masih tetap unggul, disusul oleh Apple. Ketiga penghuni lainnya, Nokia, HTC, dan RIM mengalami penurunan pangsa pasar dengan masing-masing turun sebesar 11%, 4%, dan 6% dari tahun sebelumnya.

Dengan dirilisnya seri Lumia terbaru dan akan dirilisnya Blackberry 10, akankah Nokia dan RIM bisa memperbaiki pangsa pasarnya di 2013? Kita nantikan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

XL Axiata’s Carrier Billing for Windows Phone Store Is Exclusive to Lumia

Next Story

RIM Persilahkan 120 Pengguna Korporat dan Organisasi Untuk Uji Coba Layanan BlackBerry 10

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas

Galaxy AI Tersedia di Samsung Galaxy S23 FE

Fitur-fitur “assistant” teranyar kini bisa dinikmati pengguna flagship lama termasuk