1. Lifestyle

Samsung Lengser dari Posisi Teratas Pangsa Pasar Tablet di India

Selain smartphone, segmen mobile masih memiliki satu lagi relung pasar, yakni segmen tablet yang juga digarap oleh para pemain besar. Hampir semua pabrikan perangkat menggarap segmen ini. Tetapi jangan lupakan pemain lokal yang dalam data IDC terbaru justru tampil mengigit khususnya di pasar India.

Pertumbuhan tablet di India selama kuartal keempat tahun 2014 menurut IDC mengalami peningkatan signifikan, yakni sebesar 3,6% kuartal ke kuartal dengan jumlah unit yang dikapalkan sebanyak 0.96 juta. Yang menarik, pemain lokal justru tampil dominan dengan pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun.

Salah satu vendor tablet lokal yang tampil dominan adalah iBall yang kini menjadi pemuncak pangsa pasar dengan memegang 15,6% pasar tablet atau naik tiga kali lipat dari persentase kuartal keempat tahun 2013 yang hanya 4,5%.

Pencapaian impresif iBall menempatkan mereka sebagai penguasa pangsa pasar tablet di India, sekaligus menggeser Samsung ke posisi kedua dengan persentase 12,9%. Angka ini turun jauh dibandingkan kuartal yang sama tahun 2013 lalu di angka 17,9%.

Info Menarik:‘Curi Start’ Menjelang MWC, LG Luncurkan Empat Smartphone Baru untuk Kelas Menengah

Gempuran vendor lokal yang berani memainkan faktor harga agaknya membuat Samsung kewalahan untuk bersaing.

Selain iBall, Samsung juga mendapatkan tekanan serius dari DATAWIND yang dalam diagram di atas memegang posisi ketiga dengan persentase 9,6%. Menurut IDC DATAWIND menggempur pasar dengan penawaran harga murah dan strategi marketing yang unik, mereka sengaja menargetkan menguasai wilayah tier-2 dan tier-3 dimana konsumennya cenderung kritis terhadap harga.

Sebagai pasar berkembang India hampir mirip dengan Indonesia. Di pasar ini harga menjadi pertimbangan paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian sebuah perangkat, bahkan berlaku hampir untuk semua barang komersil. Itu sebabnya perangkat tablet premium iPad buatan Apple tak banyak bicara di pasar-pasar tersebut.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrasi Galaxy Note Pro.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again