Categories

Gadget

Ukurannya Standar, SSD Terbaru Samsung Punya Kapasitas 30,72 TB

Kinerjanya pun kencang, dengan kecepatan baca-tulis 2.100 dan 1.700 MB/s

Glenn Kaonang - 21 February 2018

Samsung boleh punya banyak lawan di ranah smartphone, tapi mereka hampir tak terkejar di sektor SSD (solid state drive). Tahun demi tahun Samsung terus menorehkan rekor di industri SSD, entah yang tercepat atau yang berkapasitas terbesar, dan untuk tahun ini, rekor yang dipecahkan lagi-lagi adalah kapasitas paling besar.

Dinamai PM1643, SSD ini ditujukan buat konsumen enterprise. Total kapasitasnya mencapai 30,72 TB, dua kali lebih besar ketimbang pemecah rekor dua tahun silam. Kendati demikian, dimensi fisiknya tidak jauh lebih bongsor, dan hanya sedikit lebih tebal ketimbang SSD 2,5 inci pada umumnya.

Juga di tahun 2016, Seagate sebenarnya sempat memamerkan sebuah SSD berkapasitas 60 TB untuk kalangan enterprise. Bedanya, SSD tersebut hadir dalam ukuran 3,5 inci, yang merupakan dimensi standar untuk HDD tipe piringan.

Pada setiap unit PM1643, tertanam 32 batangan NAND flash 1 TB, yang masing-masing terbentuk dari 16 tumpuk chip V-NAND 512 GB. Ruang penyimpanan sebesar ini cukup untuk mengakomodasi sekitar 5.700 file video full-HD dengan ukuran masing-masing sebesar 5 GB.

Begitu padat berisinya SSD ini tidak mencegahnya untuk 'berlari' cepat. Samsung mengklaim kecepatan baca-tulis PM1643 bisa mencapai angka 2.100 dan 1.700 MB/s, belum sekencang Intel Optane SSD 900P, tapi setidaknya masih tiga kali lebih cepat ketimbang performa mayoritas SSD 2,5 inci tipe SATA.

Samsung sejauh ini masih bungkam soal harga maupun jadwal rilis PM1643. Namun bukan itu yang penting bagi sebagian besar konsumen. Yang terpenting adalah, pencapaian-pencapaian seperti ini biasanya berujung pada penurunan harga SSD secara umum, sehingga pada akhirnya mereka yang belum bermigrasi ke SSD bisa ikut menikmati manfaat-manfaat yang ditawarkannya.

Sumber: Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter