Gadget

TV QLED Samsung Kini Dapat Menyajikan Warna yang Akurat untuk Konsumen Buta Warna

Layar akan dikalibrasi ulang dengan bantuan aplikasi diagnosis bernama SeeColors

Bicara soal TV, kontras dan warna merupakan faktor lain yang tidak kalah penting di samping resolusi. Kehadiran TV berpanel OLED maupun yang mendukung teknologi HDR dinilai sebagai terobosan yang paling signifikan sejak transisi dari resolusi SD ke HD (dan full-HD).

Namun sebagus apapun kontras dan warna yang bisa disajikan suatu TV, mustahil TV tersebut dapat menyelesaikan problem kebutaan warna. Untuk itu, dibutuhkan upaya ekstra ketimbang hanya mengandalkan panel OLED dan dukungan HDR, seperti yang dilakukan Samsung baru-baru ini.

Mereka baru saja merilis aplikasi bernama SeeColors untuk semua lini TV QLED besutannya. Aplikasi ini pada dasarnya bakal mengkalibrasi ulang layar TV sehingga konsumen yang buta warna sekalipun dapat melihat reproduksi warna yang akurat di hadapan mereka.

Sebelum melakukan kalibrasi, SeeColors akan terlebih dulu membantu konsumen yang buta warna melakukan diagnosis dengan metode C-Test yang dikembangkan bersama para ahli dari perusahaan Colorlite. Setelah tipe dan intensitas kebutaan warnanya diidentifikasi, barulah TV akan dikalibrasi berdasarkan hasil diagnosis.

Tentu saja reproduksi warna yang dihasilkan TV QLED yang sudah dikalibrasi bakal terlihat salah di mata konsumen normal. Namun memang bukan itu tujuan yang ingin Samsung capai lewat SeeColors.

Selain tersedia di TV secara langsung, aplikasi SeeColors juga bisa diunduh di sejumlah smartphone Samsung Galaxy. Jadi setelah melakukan diagnosis di smartphone, pengguna tinggal menyambungkannya ke TV QLED dan kalibrasi bakal langsung dijalankan secara otomatis.

Application Information Will Show Up Here

Sumber: Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter