18 November 2015

by Oki Rosgani

Samsung Siapkan Smartphone Android Spesfikasi 'Tinggi' dengan Desain Flip

Perangkat ini akan mengusung spesifikasi yang sama dengan smartphone flagship Samsung Galaxy S6

Sebagai produsen elektronik, Samsung kini telah menjelma menjadi vendorsmartphone terkemuka. Teknologi terbaru serta desain yang sedikit 'nyeleneh' kerap hadir di sejumlah produknya, tak heran jika vendor smartphone asal Korea ini kini semakin populer dan merajai produk smartphone di dunia.

Baru-baru ini Samsung juga kedapatan tengah bersiap untuk melepas smartphone Android teranyarnya, produk smartphone yang saat ini baru diketahui memiliki nama kode SM-W2016 itu akan mengusung disain retro dengan form factor a la cangkang kerang atau yang lebih dikenal dengan istilah flip.

Smartphone ini disebut-sebut juga akan menjadi varian model lipat dari smartphoneGalaxy S6 karena spesifikasi yang diusungnya akan memiliki kesamaan dengan smartphone flagship teranyar milik Samsung tersebut.

Jika mengacu pada kabar yang beredar sebelumnya, sebenarnya Samsung juga telah memiliki produk smartphone berdisain serupa bernama Samsung Galaxy Golden 3 yang direncanakan akan melenggang ke pasaran sebelum tahun 2015 berakhir.

Namun smartphone yang memiliki kode SM-W2016 ini merupakan varian yang benar-benar berbeda, dimana huruf 'W' yang disematkan pada nama kode smartphone tersebut merepresentasikan sebagai smartphone model flip sedangkan angka 2016 sendiri merupakan tahun dimana smartphone ini akan mulai digulirkan ke pasaran.

Dari informasi yang diungkap oleh situs TEENA -- sebagai lembaga sertifikasi , mirip POSTEL, di Tiongkok-- yang kemudian dikutip oleh AndroidAuthority, smartphone berkode SM-W2016 itu akan dibalut dengan desain premium berbahan kaca dan metalSmartphone ini akan memiliki dua buah layar Super AMOLED berukuran 3,9 inci dengan resolusi 1280 x 768 piksel yang bertengger di bagian luar dan dalam smartphone tersebut.

Di sisi dapur pacu, smartphone yang belum diketahui nama jualnya ini akan diotaki dengan prosesor Octa Core Exynos 7420 SoC 64-bit besutan Samsung sendiri, ia juga akan didukung dengan RAM sebesar 3GB serta media penyimpanan internal berkapasitas 64GB. Sepertinya pihak Samsung juga tidak memberikan slot memory tambahan pada smartphone ini.

Bergeser ke bagian kamera, smartphone yang memiliki dimensi 120.4 x 61 x 15.1 mm serta bobot 204 gram ini akan dijejali dengan dua buah kamera, dimana kamera dengan sensor 16 megapiksel akan berada di bagian belakang sebagai kamera utama dan kamera dengan modul lensa 5 megapiksel akan hadir di bagian depan smartphone ini.

Smartphone SM-W2016 yang berjalan dengan sistem operasi Android 5.1.1 ini juga akan hadir dengan tombol keyboard model T9, namun layarnya akan tetap mengusung kemampuan layar sentuh.

Kendati diperkirakan akan hadir ke pasaran (dijual) pada tahun 2016 nanti, namun belum ada kepastian tanggal berapa smartphone ini akan resmi dijual, begitu juga dengan informasi harganya.

Tapi jika menilik dari spesifikasi yang diusungnya, sama dengan smartphone Galaxy S6 yang kini berada pada jajaran smartphone premium, kemungkinan besar smartphone SM-W2016 ini juga akan ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi.

Sumber: AndroidAuthority, News4C