Categories

Gadget

Samsung Umumkan Sensor Gambar ISOCELL GN1 Beresolusi 50MP

Hasil optimal Samsung ISOCELL GN1 adalah foto 12,5MP dengan ukuran per piksel besar 2,4μm

Lukman Azis - 20 May 2020

Samsung telah mengumumkan sensor gambar baru yang dirancang untuk kamera utama smartphone high-end. Adalah Samsung ISOCELL GN1 yang menawarkan resolusi 50MP dengan piksel berukuran 1,2μm.

Untuk pertama kalinya, Samsung menggabungkan sistem autofocus Dual-Pixel dengan teknologi Tetracell. Guna meningkatkan sensitivitas cahaya, serta meningkatkan kinerja autofocus yang lebih tepat dan cepat pada berbagai kondisi pencahayaan.

samsung-umumkan-sensor-gambar-isocell-gn1-beresolusi-50mp-2

Sistem Dual Pixel AF ini artinya setiap piksel memiliki dua dioda, artinya sensor ini memiliki 100 juta phase detection autofocus (PDAF). Semua piksel pada sensor aktif berfungsi ganda sebagai piksel fokus yang meningkatkan kecepatan autofocus di semua kondisi pencahayaan.

Selain itu, Samsung juga memanfaatkan Dual Pixel dan menyediakan algoritma yang dapat mengambil informasi dari masing-masing dioda untuk menghasilkan foto yang setara dengan resolusi 100MP. Sementara itu, teknologi Tetracel akan menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu untuk meningkatkan sensitivitas cahaya terutama saat memoret di cahaya rendah. Hasilnya adalah 12,5MP tapi dengan ukuran per piksel besar 2,4μm.

Selain itu, sensor ISOCELL GN1 menawarkan fungsi Smart-ISO yang secara cerdas menetapkan nilai ISO optimal dan mode HDR secara real-time. Sanggup merekam video 8K 30 fps dan punya electronic image stabilization menggunakan data dari gyro bawaan.

Menurut Samsung, produksi massal sensor ISOCELL GN1 telah dimulai bulan ini. Pada kondisi cahaya yang berlimpah, bisa menggunakan mode 50MP dengan piksel berukuran 1,2μm. Sedangkan dalam kondisi cahaya rendah, teknologi Tetracell dapat menghasilkan foto 12,5MP 2,4μm dengan noise rendah dan rentang dinamis yang luas.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter