6 December 2017

by Lukman Azis

SanDisk iXpand Base, Solusi Masalah Penyimpanan Terbatas Pada iPhone

Sebuah solusi yang unik dan bebas repot, proses backup sekaligus mengisi ulang baterainya.

Salah satu masalah yang kerap menghantui pengguna iPhone adalah keterbatasan ruang penyimpanan. Maklum saja, Apple memang tidak menyediakan slot memori eksternal.

Namun setiap masalah tentu ada solusinya, contohnya seperti yang ditawarkan oleh Western Digital melalui produk terbaru mereka, SanDisk iXpand Base. Sebuah solusi yang unik dan memudahkan untuk melakukan backup konten.

Dengan iXpand Base, Anda dapat mem-backup koleksi foto, video, dan daftar kontak tanpa komputer atau tanpa perlu terhubung iTunes. Cukup hubungkan iPhone ke iXpand Base, lalu secara otomatis (akan terdeteksi secara langsung via aplikasi) akan mem-backup konten sekaligus mengisi ulang baterainya.

Menurut survei yang dilakukan oleh Western Digital, lebih dari 85 persen responden menyatakan bahwa iPhone merupakan perangkat utama untuk mengambil foto dan video. Dengan begitu banyaknya konten yang dihasilkan pada iPhone, banyak pengguna iDevice yang mencari cara baru untuk mengelola data dan proses backup.

Western Digital pun mendorong pengguna iPhone untuk melakukan backup eksternal lebih rutin dengan mengkombinasikan pengisian ulang. Anda tentunya sangat peduli dengan data-data pada smartphone dan paham betul mengenai pentingnya untuk melindungi konten tersebut.

Bentukan dari iXpand Base itu sendiri cukup ringkas, dengan lapisan atas karet halus untuk meletakkan iPhone dan alur melingkar di bagian bawah untuk menjaga kabel Lighting tetap rapi dan terorganisir. Penyimpanannya sendiri mengandalkan kartu memori SDHC.

Dengan daya 15W, Anda dapat mengisi ulang iPhone dengan cepat sambil mem-backup semua data melalui aplikasi iXpand Base. Untuk diketahui, perangkat ini tidak memiliki baterai. Jadi, tidak bisa berfungsi sebagai powerbank, dan iXpand Base harus tetap terhubung dengan listrik (daya) untuk bisa digunakan, baik untuk mengisi daya atau melakukan backup data.

Mengambil kembali konten yang sudah di-backup juga cukup cepat dan mudah. Pasang kabelnya, buka aplikasi iXpand Base dan ketuk 'restore' untuk memindahkan data-data kembali ke iPhone.

Untuk Anda yang tertarik, SanDisk iXpand Base mulai tersedia di Indonesia pada tanggal 5 Desember 2017. Bisa didapatkan di toko online, seperti Lazada, Shopee, dan JD.id. Di Indonesia, harga SanDisk iXpand Base ditawarkan mulai dari Rp783.000 untuk versi 32GB, Rp1.105.000 (64GB), dan Rp1.523.000 (128GB).