1. Startup

"Satu Layanan" Sediakan Portal Informasi Publik di Satu Tempat

Open Government Indonesia yang diorganisir oleh organisasi pemerintah UKP4 (Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan) meluncurkan suatu pontal informasi bernama "Satu Layanan". Satu Layanan berarti informasi publik di satu tempat tentang berbagai hal yang berhubungan dengan layanan masyarakat. Tampilannya mungkin tidak fancy jika dibandingkan tren UI jaman sekarang, tapi setidaknya jika kita ingin mengetahui lebih banyak soal layanan publik, Satu Layanan merupakan sebuah tempat yang tepat.

Menurut founder Satu Layanan, Prayoga Wiradisuria, seperti dikutip dari situs Open Goverment Indonesia, keunikan dari portal ini adalah modular yang artinya sangat memudahkan pengunjung dalam mencari informasi layanan yang mereka butuhkan. Ini sesuai dengan tujuan dibuatnya portal Satu Layanan yaitu mempermudah masyarakat dalam mencari informasi yang dibutuhkan, juga untuk membuka peluang bagi instansi pemerintahan dan non pemerintahan untuk dapat berkontribusi dalam mempermudah masyarakat mengakses informasi yang disediakan.

Satu Layanan terdiri berbagi aspek pemerintahan dan masyararakat, seperti Kependudukan, Perpajakan, Transportasi, Rumah Tangga, Ibadah. Mencari info lengkap soal pembuatan SIM, membuat surat nikah, sampai cara membeli tiket kereta api? Tidak perlu ke berbagai tempat karena Satu Layanan menyediakan semua informasinya. Informasi yang diberikan di situ pun cukup lengkap, misalnya tiket kereta api secara online sudah bisa dibeli baik di situs KAI maupun di Tiket. Jika memang informasi yang dibutuhkan tidak bisa dipaparkan di Satu Layanan secara lengkap, mereka pasti menyediakan tautan untuk informasi lebih lanjut.

Semoga ada admin yang didedikasikan untuk terus memperbarui informasi di sini. Satu Layanan sendiri memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi sebagai relawan penyedia informasi layanan. Silakan kontak pihak Open Government Indonesia untuk keterangan lebih lanjut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again