1. DScovery

Scale Up: Pengertian, Fungsi Ciri, dan Strategi untuk Melakukannya

Pada dasarnya, scale up adalah strategi untuk mengembangkan sebuah perusahaan.

Scale up adalah salah satu strategi bisnis untuk mengembangkan sebuah perusahaan agar semakin besar. Tujuannya, agar perusahaan mampu bersaing di pasar yang lebih luas dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan scale up dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian Scale Up

Pada dasarnya, scale up adalah meningkatkan sesuatu. Mengutip dari Tech Nation, scale up adalah fase pertumbuhan perusahaan ketika mereka sudah mengalami berbagai proses perkembangan dan kesuksesan, sehingga siap untuk memasuki fase selanjutnya.

Sebuah perusahaan yang melakukan scale up berarti cukup mapan dan mumpuni untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh sebab itu, metode scale up yang dilakukan harus mampu mendorong perusahaan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar tanpa mengeluarkan banyak biaya dan sumber daya yang ada.

Fungsi Scale Up

Secara umum, scale up memiliki fungsi utama untuk mengembangkan suatu perusahaan menjadi sebuah bisnis dengan skala yang lebih besar. Hal ini dilakukan agar perusahaan mampu mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya.

Selain itu, scale up juga berfungsi agar perusahaan dapat berkembang dan bertahan dalam menghadapi persaingan antar kompetitor dalam pasar.

Ciri Perusahaan yang Siap Melakukan Scale Up

Meski memiliki fungsi yang menguntungkan, scale up tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Untuk itu, sebelum melakukan scale up, ada baiknya jika kamu mengetahui ciri-ciri perusahaan yang siap melakukannya.

  1. Perusahaan yang memiliki trafik penjualan konsisten dan terus meningkat seiring berjalannya waktu.
  2. Memiliki pelanggan tetap yang loyal dalam membeli dan menggunakan produk.
  3. Berhasil mengatasi berbagai risiko dan hambatan dengan baik.
  4. Terbatasnya sumber daya hingga berpengaruh dalam memenuhi permintaan konsumen.
  5. Membutuhkan campur tangan profesional yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu produksi serta kelancaran distribusinya.

Strategi untuk Melakukan Scale Up

Apabila perusahaanmu sudah mengalami beberapa ciri-ciri di atas, maka tandanya perusahaanmu perlu melakukan scale up. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa strategi yang tepat untuk menerapkannya.

Lakukan Evaluasi dan Buat Rencana

Sebelum melakukan scale up, kamu perlu melakukan evaluasi dulu terhadap perusahaanmu. Evaluasi diperlukan untuk mengetahui apakah bisnismu benar-benar siap berkembang menjadi lebih besar.

Jika evaluasi telah dilakukan, jangan lupa buat rencana yang matang untuk melakukannya. Dalam hal ini, kamu bisa menentukan strategi apa yang paling tepat untuk kamu gunakan dan bagaimana cara mengimplementasikannya.

Pahami Risiko dan Hambatan

Risiko dan hambatan adalah dua hal yang mungkin tidak bisa dihindari dalam bisnis, tanpa terkecuali dalam proses scale up. Meski begitu, risiko dan hambatan bisa diatasi jika kamu sudah menyiapkan diri untuk menghadapinya.

Untuk menghadapinya, kamu perlu mencari tahu dan memahami berbagai risiko yang mungkin akan terjadi dalam proses scale up. Beberapa risiko yang mungkin terjadi, seperti kurangnya keterampilan pemimpinan, kurangnya dana, arus kas yang lemah, dan lain sebagainya.

Siapkan Dana yang Cukup

Biaya adalah hal utama yang perlu diperhatikan dalam proses scale up. Pasalnya, untuk mengembangkan sebuah perusahaan, tentu kamu membutuhkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan scale up, kamu harus memastikan kondisi keuangan perusahaanmu terlebih dahulu. Jika dinilai tidak cukup, maka kamu perlu untuk mendapatkan modal tambahan dengan cara mengajukan pinjaman ke bank, mencari investor, capital venture, dan lainnya.

Belajar dari Perusahaan Lain yang Telah Berhasil

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Untuk itu, agar proses scale up yang kamu lakukan berhasil, kamu juga perlu belajar pada perusahaan lain yang telah berhasil melakukannya.

Meski mereka dianggap sebagai kompetitor, namun tidak salahnya untuk belajar dari mereka. Kamu bisa melakukan analisis sederhana mengenai cara mereka untuk mendapat kesuksesan yang mungkin bisa kamu terapkan juga pada bisnismu.

Pertahankan Nilai Bisnismu

Nilai bisnis adalah hal penting yang perlu dipertahankan agar sebuah bisnis dapat berkembang sesuai tujuan yang diinginkan. Meski mengembangkan bisnis kemungkinan akan mengubah banyak aspek dalam perusahaanmu, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai hal yang dapat mengubah nilai bisnismu.

Bentuk Tim yang Dapat Mendukungmu

Aspek paling penting dalam mengembangkan perusahaan adalah dengan membentuk tim yang dapat mendukungmu. Sebab, karyawan yang kompeten dan memiliki kinerja yang bagus akan membantumu dalam meningkatkan kualitas perusahaanmu.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai scale up dalam bisnis. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa scale up adalah proses penting yang perlu dilakukan untuk mengembangkan sebuah perusahaan menjadi lebih besar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again