Glossary

Cari Tahu Apa Itu Scalping Saham dan Tips Agar Cuan

Mencari keuntungan saham bisa melalui scalping saham yang jauh lebih untung dibandingkan dengan trading saham.

Apakah kamu berpikir trading menjadi salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan secara cepat? Ternyata jika kamu masuk ke dunia trading ada yang disebut dengan scalping saham. Secara garis besar memang scalping saham dan trading saham ini adalah salah satu strategi memperoleh keuntungan saham.

Namun, apa itu scalping saham yang sebenarnya? Dan bagaimana memanfaatkan scalping saham untuk mendapatkan keuntungan yang besar?

Tanpa basa-basi panjang lebar. Yuk, simak pembahasan scalping saham sekarang juga!

Apa Itu Scalping Saham?

Dikutip dari beberapa sumber, scalping saham adalah sebuah strategi untuk mendapatkan keuntungan saham dengan cara cepat yaitu harian bahkan berpacu dengan detik.

Scalping saham juga biasanya menggunakan modal yang cukup besar dan orang yang melakukan scalping saham disebut juga sebagai scalper.

Scalping saham juga menargetkan perubahan kecil dalam pergerakan saham harian, scalper akan sering masuk dan keluar sepanjang sesi perdagangan untuk mendapatkan keuntungan.

Apa Bedanya Scalping Saham dan Trading Saham?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, scalping saham ini mencari keuntungan saham secara cepat dengan beberapa menit bahkan detik sekalipun. Jumlah pedagangnya juga bisa ratusan kali dalam sehari.

Para scalper akan melakukan pelacakan dengan cara memantau secara konstan sepanjang sesi perdagangan dan biasanya scalper juga adalah orang yang sudah mahir dalam trading saham. Kemudian, scalper juga biasanya mengikuti grafik periode pendek yaitu seperti grafik 1 menit, grafik 5 menit, atau juga grafik berbasis transaksi.

Sedangkan, trading saham adalah pembelian saham untuk investasi jangka pendek.

Trading saham akan melakukan analisa yang cukup lama di jam-jam tertentu untuk mendapatkan harga saham yang kumulatif dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Trader saham juga biasanya akan langsung menjual sahamnya secara cepat, berbeda dengan investor saham yang memilih untuk berinvestasi dalam jangka waktu tahunan.

Kemudian, trader saham juga biasanya akan mengikuti tren. Jika ada tren yang naik mereka para trader akan bersiap dalam posisi membeli.

Tips Melakukan Scalping Saham

Ada beberapa tips untuk bisa mendapatkan keuntungan dari scalping saham ini.

1. Melakukan eksekusi pesanan dengan efisien

Dikutip dari Investopedia, seseorang yang akan melakukan scalping saham akan menguasai sebuah seni eksekusi order yang cukup efisien, mereka akan menghindari pesanan yang tertunda atau buruk karena tidak memberikan keuntungan yang besar.

2. Frekuensi dan Biaya

Scalping biasanya akan melibatkan banyak perdagangan bahkan dalam satu sesi perdagangan mereka akan membeli sebanyak ratusan.Sehingga, butuh modal yang cukup besar, tentunya membeli dan menjual saham juga akan berdampak terhadap biaya transaksi yang besar dan dapat menekan keuntungan.

Sehingga, kamu perlu mencari broker online yang tepat. Namun, tidak semua broker juga mengizinkan strategi scalping.

3. Mempelajari analisis teknikal

Sama seperti trading saham, scalping saham juga akan mempelajari analisis saham yang tentunya akan jauh lebih rumit. Kamu harus paham tentang strategi entry moving average ribbon, strategi multiple scalping, dan juga strategi keluar relative strength and weakness.

4. Mulai dengan swing trading

Scalping saham adalah strategi lanjutan dari swing trading. Sehingga, jika kamu pemula dalam hal ini lebih baik mencoba untuk melakukan swing trading yang memiliki flow sedikit lebih lambat dengan scalping saham. Transaksi swing trading juga biasanya bergerak dalam harian atau mingguan jadi, kamu bisa membiasakan diri untuk membaca pola saham terlebih dahulu.

5. Fokus dan Disiplin Waktu 

Tips yang terakhir adalah kamu harus fokus dan disiplin waktu, orang yang melakukan trading saham akan jauh lebih aktif untuk memantau pergerakan saham karena biasanya mereka akan membeli saham dengan rentang waktu permenit. Sehingga, fokus mereka adalah melakukan scalping tidak mengerjakan hal lain.

Gimana, apakah kamu sudah tertarik untuk menjadi scalper? Jika, belum yakin kamu bisa mencoba untuk melakukan investasi saham, trading saham, dan dilanjut dengan scalping saham.

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter