1. Startup

Scanie: Satu Lagi Platform Newsstand Digital di iPad

Selama ini kita mengetahui bahwa segmen newsstand digital untuk media lokal di iPad dikuasai oleh dua pemain, Wayang Force dan SCOOP. Sekarang mereka harus bersiap untuk menerima kompetitor baru. Scanie adalah pemain baru di area ini dan dibuat oleh PT Centrin Online -- perusahaan yang kita kenal sebelumnya sebagai penyedia layanan Internet. Scanie dikhususkan untuk tersedia di iPad.

Secara umum tampilan dan isi Scanie tidak jauh berbeda dengan kedua pesaingnya. Sejumlah majalah yang familiar (dan juga kebanyakan sudah ada di dua aplikasi lainnya) mengisi Scanie dengan harga sama. Sejujurnya saya memang belum melihat sisi diferensiasi dari tiga aplikasi yang menyasar segmen serupa. Meskipun saat diunduh majalah yang ditampilkan oleh Scanie nampak lebih menyenangkan untuk scrolling dan dibaca, itu bukan keunggulan besar yang bisa dibanggakan.

Segmen ini memang masih tergolong baru di Indonesia. Meskipun pengguna iPad sudah mulai menyenangi membeli majalah secara digital -- setidaknya tidak perlu mencari ke kios dan tidak sulit penyimpanannya -- tapi pasarnya tentu masih cukup kecil ketimbang majalah versi cetak. Dari sisi penerbit juga yang saya lihat mereka masih meraba-raba soal konsumennya. Buat saya, salah satu bukti kepercayaan untuk menggunakan platform newsstand digital adalah tersedianya fitur langganan, misalnya untuk 6 bulan atau 1 tahun, sebagai patokan revenue yang berkelanjutan.

Meskipun dari sisi revenue nampaknya Wayang Force dan SCOOP sudah mulai memperoleh hasilnya, dengan pasar yang relatif masih kecil nampaknya tiga aplikasi ini harus berdesak-desakan untuk memperebutkan kue (penerimaan) yang ada.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again