1. Startup

Scott Forstall dan John Browett Tinggalkan Apple

Tim Cook melakukan reorganisasi besar di jajaran eksekutif Apple. Scott Forstall yang selama ini membawahi grup iOS akan meninggalkan Apple per akhir tahun. Hingga waktu tersebut, Forstall, yang disebut-sebut memiliki karakter seperti Steve Jobs, akan menjadi penasehat bagi Tim Cook. Selain Forstall, pimpinan penjualan ritel John Browett juga mundur dan Apple saat ini langsung mencari kandidat penggantinya.

Besar dugaan bahwa keduanya dipaksa mundur karena tidak memiliki kinerja yang sesuai ekspektasi. Browett memiliki permasalahan dengan keputusannya yang berkaitan dengan pengurangan jam kerja pegawai ritel, sementara Forstall dinilai tidak optimal saat membangun aplikasi Maps versi baru dan memiliki permasalahan saat bekerja dengan timnya dan sesama eksekutif Apple. Rumor mengatakan Forstall menolak untuk menandatangani pertanyaan minta maaf (karena Maps) yang disampaikan Apple kepada konsumennya. Akhirnya Cook sendiri yang menyampaikan permintaan tersebut.

Untuk menggantikan Forstall, Cook memecah-mecah peranan yang ada menjadi beberapa bagian. Untuk tampilan desain -- Human Interface -- akan diserahkan kepada Jonathan Ive yang selama ini menjadi desainer bagi produk-produk Apple. Eddy Cue bakal memegang Siri dan Maps sebagai bagian dari tim layanan online, sedangkan iOS sendiri akan dipegang oleh Craig Federighi yang saat ini juga memegang OS X (Mac).

Selain pengumuman tersebut, Cook juga mengangkat Bob Mansfield -- yang sebelumnya sempat mengajukan pensiun -- untuk memimpin divisi Technologies. Grup ini akan berisi engineer yang berkutat dengan teknologi-teknologi hardware terkini, seperti semikonduktor hingga wireless system.

John Gruber memberikan analisis menarik tentang keluarnya Forstall dari Apple.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again