4 March 2014

by Yoga Wisesa

Seagate Backup Plus Fast, Drive Portable Tercepat dengan Kapasitas Terbesar

Merangkul era digital secara utuh menuntut kita untuk selalu mencari alternatif terbaik media penyimpanan data. Kini sudah cukup lumrah bagi kita untuk menyimpan file di internet via sistem cloud, namun persaingan teknologi penyimpanan fisik juga tidak berhenti - penyimpanan jenis ini masih menjadi metode paling mudah, paling cepat dan bisa diandalkan.

Dalam perlombaan tiada akhir tersebut, Seagate sebagai salah satu sesepuh dalam dunia hard disk dan penyimpanan mengenalkan produk baru mereka.

Menamainya Backup Plus Fast, produk ini diklaim sebagai drive portable tercepat dengan kapasitas penyimpanan terbesar di kelasnya. Penyimpanan eksternal ini didukung teknologi superspeed USB 3.0 yang miliki kecepatan transfer data hingga 220MB per detik dengan kapasitas 4 gigabyte.

 

Info menarik: Inikah Tampilan Cortana di Windows Phone 8.1?

 

Produk ini dirancang khusus untuk sineas film dan juga fotografer sebagai medium backup data berukuran raksasa. Backup Plus Fast sangat unik, dengan kecepatan tinggi yang dimilikinya, produk tidak lagi membutuhkan pasokan listrik eksternal via power supply. Anda cukup menyambungkannya langsung ke PC, membuat perangkat ini sempurna dibawa kemana-mana di dalam ransel ataupun tas kamera.

Seagate Backup Plus Fast memiliki konfigurasi RAID 0, itu artinya data dibagi dalam beberapa stripe antar drive ganda yang ada di dalamnya. Teknologi ini memungkinkan produsen menyajikan kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi.

Walaupun begitu terdapat kelemahan dalam sistem RAID 0 sendiri, ia tidak memiliki mekanisme pendeteksi kerusakan, sehingga kerusakan satu disk dapat menyebabkan seluruh data hilang.

Untuk itu Seagate memberi perhatian khusus pada bagian casing penyimpanan eksternal ini. Ia memanfaatkan material logam, bukan hanya desainnya yang kokoh, casing tersebut juga anti-gores dan anti-sidik jari.

Produk juga dilengkapi dengan software backup plug & play yang mudah digunakan serta aplikasi backup mobile yang menyediakan perlindungan data digital pada perangkat pintar yang Anda miliki.

 

Info menarik: Rekor Tweet Paling Banyak Di-RT Terpecahkan, Ini Dia Tweet-nya

 

Senior Vice President dan Managing Director Seagate Asia Pasifik dan Jepang, Ban Seng Teh menerangkan, "Dengan hadirnya Backup Plus FAST, Seagate menyempurnakan kategori produk penyimpanan eksternal dan memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi konsumen melalui berbagai penyempurnaan fungsi yang inovatif. Performa dan kapasitas dari perangkat portable terbaru ini melampaui semua produk sejenis yang ada di pasaran."

"Kami percaya bahwa Backup Plus FAST, akan menjadi produk yang populer di kalangan profesional bidang kreatif sebagai perangkat backup portabel yang bisa diandalkan saat bekerja di lapangan," lanjutnya.

Seagate Backup Plus Fast akan tersedia di Indonesia dalam ajang Mega Bazaar Consumer Show 2014 yang dilangsungkan tanggal 5 hingga 9 Maret besok. Dari rlis pers yang saya dapatkan, rencananya ia memiliki harga retail sebesar US$ 349.