Categories

Gadget

Hard Disk Eksternal Terbaru Seagate Berdaya 8 TB, Tapi Tak Perlu Adaptor Daya Terpisah

Dapat langsung digunakan lewat satu sambungan USB-C atau USB 3.1 saja

Glenn Kaonang - 31 March 2016

Seiring perkembangan zaman, kapasitas yang dimiliki hard disk eksternal perlahan mulai menyamai hard disk internal. Namun semakin besar kapasitas hard disk eksternal, semakin besar pula ukuran fisiknya, serta biasanya harus ditemani oleh adaptor daya terpisah atau colokan USB ekstra. Hal ini jelas mengurangi kesan portable dari perangkat tersebut.

Namun dengan hadirnya teknologi USB-C atau USB 3.1, tidak selamanya hard disk eksternal berkapasitas besar membutuhkan adaptor daya terpisah. Seagate telah membuktikannya dengan meluncurkan Innov8, yang diklaim sebagai hard disk eksternal berdaya 8 terabyte pertama yang tidak membutuhkan adaptor daya terpisah.

Ukuran fisik Seagate Innov8 memang masih tergolong besar, akan tetapi ia hanya memerlukan satu colokan USB-C saja untuk bisa berfungsi. Dengan demikian, ia pun bisa digunakan bersama laptop generasi baru seperti MacBook yang hanya dilengkapi satu port USB-C, secara drastis meningkatkan kapasitas penyimpanan dari perangkat berbodi tipis tersebut.

Seagate Innov8

Innov8 dikemas dalam bodi berbalut aluminium yang kokoh, dengan desain bersirip yang sepertinya dimaksudkan agar perangkat tidak mudah panas ketika digunakan untuk mentransfer data dalam jumlah besar. Untuk menambah kesan portable, Innov8 bisa diletakkan dalam posisi tidur atau berdiri di atas meja.

Dari segi kapasitas, seberapa besar 8 TB itu? Menurut Seagate, Innov8 sanggup menyimpan hingga lebih dari 2 juta file lagu, 4 juta foto dan 800 video berkualitas HD. Perangkat ini rencananya akan mulai dipasarkan pada bulan April seharga $349, banderol yang premium untuk perangkat berkualitas premium.

Sumber: Seagate.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter