1. Startup

Sebenarnya Angel Investor Ingin Anda Menjawab 9 Pertanyaan Ini

Angel investor jarang mengajukan pertanyaan yang terkesan menggerogoti, namun sebenarnya ada beberapa hal yang ingin mereka ketahui

Ada sesuatu yang tidak berkesinambungan antara pertanyaan yang diutarakan oleh kebanyakan angel investor dengan pertanyaan yang sebenarnya ingin sekali mereka tanyakan. Alasannya, bukannya karena mereka takut untuk bertanya, tetapi lebih karena mereka telah terpatok untuk memandang startup sebagai perusahaan publik atau memang tidak ingin melukai perasaan founder.

Pertanyaan mereka cenderung bersifat tradisional dan mudah diprediksi, misalnya tentang produk, market fit, tim, market size, dan traksinya sebelum menginvestasikan uangnya ke perusahaan Anda. Namun, seiring berjalannya waktu sebenarnya banyak hal di luar itu yang ingin mereka tanyakan.

Artikel ini akan membahas ada sembilan hal yang ingin Anda terangkan ke mereka, berikut rangkumannya:

Integritas

Urutan pertama yang paling mereka perhatikan ketika berhadapan dengan Anda adalah integritas. Setiap investor tunggal sangat ingin Anda menjawab pertanyaan ini untuk memastikan apakah Anda jujur? Apakah Anda akan menggunakan uang saya untuk bermain judi? Apakah Anda akan pakai uang saya untuk makan malam dengan keluarga?

Angel investor ingin duduk bersama demi memastikan kejujuran Anda. Ketika mereka bertanya tentang diri Anda, sebenarnya mereka benar-benar menanyakan "Apakah saya akan mengalami kesulitan hukum karena Anda?".

Ide

Kebanyakan investor jujur dengan diri mereka sendiri bahwa mereka tidak dapat mengevaluasi ide karena mereka tidak berada satu ruangan yang sama dengan Anda dan tidak sepandai Anda. Perusahaan teknologi seperti AirBnB, Facebook, Tesla, Instagram, dan Uber, awalnya tidak dipedulikan oleh investor yang tidak bisa mengevaluasi ide awalnya.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menjelaskan secara detil bagaimana proses awal sebuah ide muncul dan bagaimana cara Anda dan tim mengolahnya hingga berbentuk produk nyata.

Produk

Angel investor kebanyakan menyadari posisi mereka bukanlah orang yang tepat untuk mengevaluasi produk Anda. Mereka hanya ingin memastikan seberapa jauh willingness dari tim Anda untuk menciptakan produk yang dapat berguna bagi pengguna dan bagaimana bentuk strategi marketing-nya.

Mereka sebenarnya tidak ingin mengetahui seberapa bagus produk Anda, sebab produk itu tiap waktu terus berkembang. Bahkan bisnis pun berpotensi terjadi pivot.

Fokus

"Saat saya memberikan uang, apakah Anda akan mendedikasikan seluruh waktu dan tenaga Anda untuk fokus mengembalikan uang saya sekaligus menyukseskan bisnis ini?". Kemudian, angle investor akan menanyakan pertanyaan lanjutan, "Bagaimana Anda menghabiskan waktu? Saya benar-benar tidak peduli dengan detilnya, tapi saya ingin tahu kegiatan sehari-hari Anda".

Menurut angel investor, jika bisnis ini butuh waktu kerja 16 jam sehari namun Anda melakukannya hanya 8 jam sehari. Ini artinya Anda tidak memberikan integritas nomor 1 untuk pekerjaan ini.

Finansial

Angel investor ingin Anda untuk mengukur bagaimana menghitung bisnis ini lewat matematika keuangan sederhana, sekaligus memastikan apakah asumsi yang Anda buat itu bisa dibuktikan atau tidak.

Anda perlu tahu bagaimana menentukan nilai ekonomi produk berdasarkan perhitungan dari Customer Acquisition Cost dan Lifetime Value (CAC & LTV). Banyak founder yang gagal dalam menghitung ini.

Tim

"Apakah orang-orang Anda bisa bekerja secara tim? Bagaimana cara tim Anda bekerja?". Banyak startup yang gagal berjalan karena tim-nya yang tidak mau bekerja sama selama enam hingga tujuh tahun, kerja selama 16 jam sehari dan enam hari dalam seminggu.

Ketahanan diri

"Apakah secara fisik, emosi, dan mental Anda sanggup bertahan selama bertahun-tahun?," "Ketika bisnis jatuh, apakah Anda sanggup berdiri lagi untuk berpuluh-puluh kali?". Sebaiknya Anda harus bisa menjawab pertanyaan ini, sebab angel investor perlu memastikan diri Anda tidak akan meledak dengan sendirinya saat masa sulit terjadi.

Budaya

"Bisakah Anda membangun budaya kerja yang baik? Sebab dari kualitas pekerja yang Anda rekrut jadi faktor penting untuk menciptakan budaya." Lewat pertanyaan ini, angel investor ingin memastikan apakah orang lain juga menyukai cara kerja Anda. Bila orang lain menyukai cara Anda bekerja, pasti mereka akan berbondong-bondong mengajukan diri untuk bergabung dengan tim Anda.

Egoisme investor

Anda perlu menyadari bahwa angel investor biasanya juga memiliki egoisme tersendiri mengingat dirinya adalah investor. Untuk itu, Anda harus memberikan jawaban dari semua yang mereka ucapkan dengan penuh kejujuran, penuh visi, dan cerita yang bagus.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again