Industri startup di Indonesia kembali dilirik oleh dunia. Kali ini sebuah ajang kompetisi pencarian startup paling eksklusif, Seedstars World, secara resmi akan menyambangi Jakarta untuk mencari startup terbaik di nusantara. Nantinya startup terbaik akan diboyong ke Jenewa, Swiss sebagai Pemenang Regional dan mendapatkan kucuran dana hingga $500,000 di bulan Februari 2015 mendatang.

Seedstars World (SSW) adalah kompetisi taraf internasional yang mencari startup terbaik di lebih dari 30 negara, termasuk Indonesia. SSW segera meluncurkan debutnya di Jakarta tanggal 15 September nanti. Seperti yang telah diselenggarakan sebelumnya di negara-negara lain, 20 startup yang berkompetisi akan pitching dan menjawab berbagai pertanyaan di hadapan para juri selama enam menit. Tim juri terdiri dari para ahli, yang menjadi juri lokal, dan perwakilan dari SSW.

Kantor SSW yang berbasis di Jenewa, Swiss, diinisiasi oleh Alisee de Tonnac dan Pierre-Alain Masson. Jaringan global mereka bertujuan menyebarkan Seedstars Spark yang mempercepat perkembangan startup dari pemenang regional dengan melipattigakan pendanaan rata-rata mereka di edisi pertama tahun 2013. Saat ini, nilai totalnya mencapai $6 juta dalam bentuk pendanaan lanjutan. Kompetisi ini sendiri didukung oleh venture builder Seedstars SA. Setelah edisi pertama yang sukses di 20 kota pada 2013, SSW memperluas kompetisinya secara masif ke lebih banyak negara.

Jakarta dianggap menjadi salah satu kota yang ditandai dalam peta Seedstars World sebagai kota dengan berkembang dan pertumbuhan startup yang pesat. Dengan hadirnya kompetisi ini, Alisee de Tonnac mengharapkan mampu memperluas jaringan wirausahawan yang berkualitas di seluruh dunia.

“Seedstars World akan mengadakan kompetisi dunia ini setiap tahun, dan kami berharap untuk terus tumbuh secara eksponensial di berbagai belahan dunia; juga memetakan semua scene startup yang berkembang pesat. Tujuan kami adalah menciptakan jaringan bagi wirausahawan yang berkualitas di seluruh dunia, juga membantu wirausahawan, akselerator/inkubator, fasilitator ruang kerja bersama, dan investor untuk berinteraksi dengan satu sama lain,” ucap Alisee dalam siaran persnya yang kami terima hari ini (9/9).

CEO Systec Group Wempy Dyocta Koto selaku rekanan Seedstars di Jakarta turut memberikan komentar mengenai kabar positif ini. Menurutnya kompetisi taraf internasional dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas ekosistem wirausaha nasional.

“Pemerintah Republik Indonesia dan Systec Group bangga untuk meluncurkan Seedstars World. Kami sama-sama punya komitmen untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas, maka debut Seedstars World di Indonesia sangat penting dan kami yakin bahwa semangat kompetisi internasional dapat mempererat ekosistem wirausaha nasional kita,” papar Wempy.

Di level regional, Seedstars World berpartner dengan Galixo, sebuah konsultan boutique yang berbasis di Singapura dan bekerja dengan banyak startup dalam membangun strategi bisnis mereka, serta membantu mereka memasuki pasar baru di level global. CEO Galixo Raphael Dana juga akan menjadi salah satu anggota panel juri. Dukungan juga didapatkan dari Wardour and Oxford, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Demo Asean, dan DailySocial.

Peminat acara ini dipersilakan datang ke The Best Western Premier – The Hive Hotel Jakarta tanggal 15 September mendatang. Informasi lebih lanjut bisa disimak di halaman Seedstars World Jakarta atau melalui email ke media@seedstarsworld.com.

Disclosure: DailySocial adalah media partner event Seedstars World Jakarta

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.