Segera hadir layanan laundry on-demand Taptopick

Segera Hadir di Jakarta, Layanan Laundry On-Demand Taptopick (UPDATED)

Kami berbincang dengan co-founder Taptopick tentang fitur-fitur dan layanan yang akan disajikan dalam waktu dekat
Taptopick bermitra dengan tempat laundry dan kurir di Jakarta / Taptopick
Taptopick bermitra dengan tempat laundry dan kurir di Jakarta / Taptopick

Meskipun belum diluncurkan secara resmi, satu lagi startup buatan anak muda asal Jakarta meramaikan layanan on-demand di Indonesia. Taptopick adalah startup yang dijalankan secara bootstrapping oleh dua orang pendirinya, yaitu Halilintar Ramadhan sebagai Director dan Puja Pramudya sebagai Technology Director. Mereka mencoba mengadopsi teknologi on-demand kepada layanan laundry, cuci kiloan, dan dry cleaning yang secara tradisional sudah banyak digunakan warga ibukota. Taptopick diharapkan bisa diluncurkan dalam waktu dekat.

“Ide Taptopick muncul saat saya sedang membuat business plan untuk mengembangkan lagi cabang bisnis laundry saya. Menurut perhitungan saya biaya untuk membuat usaha laundry sangatlah besar dan kompetisinya juga banyak, jadi untuk balik modal membutuhkan waktu yg lumayan lama. Di situlah akirnya saya mendapatkan ide untuk membuat aplikasi,” kata Halilintar yang sudah memiliki sejumlah layanan laundry tradisional.

Halilintar kemudian dibantu oleh rekannya, Puja Pramudya, yang lebih mengerti soal teknologi dan pemrograman untuk mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan untuk layanan pick-up delivery. Dengan kemitraan yang dilakukan oleh konter laundry dan layanan cuci kiloan yang tersebar di Jakarta, Halilintar melihat potensi laundry online ini cukup besar dan belum ada pemain yang mencoba bidang usaha ini.

“Seperti yg kita tahu trend teknologi sedang tinggi sekali saat ini di Indonesia. Hampir semua orang menggunakan smartphone. Di situ saya berpikir bagaimana jika saya fokus pada layanan tambahan dari usaha laundry, yaitu jasa antar dan jemput tapi berbasiskan teknologi yaitu menggunakan aplikasi. Saya bisa lebih fokus pada pelayanan konsumen, dan bisa berpartner dengan laundry lain yang sudah berpengalaman,” kata Halilintar.

Secara bisnis, kehadiran layanan laundry berbasis on-demand memudahkan melakukan ekspansi usaha karena tidak lagi diperlukan mesin cuci tambahan atau menyewa kios sebagai drop-point di seluruh daerah Jakarta yg biayanya bisa sangat mahal. Cukup melakukan kemitraan dengan pengusaha laundry di seluruh Jakarta, bahkan di seluruh Indonesia, Taptopick  bisa fokus pada jasa pengambil dan pengantaran laundry melalui aplikasi smartphone.

Fitur-fitur andalan dan kemitraan dengan Veritrans

Taptopick nantinya akan dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan pelanggan menggunakan aplikasi. Di antaranya adalah fast and easy pick-up order, real time status update (mulai dari pick-up, cleaning, hingga delivery), dan flexible pick-up and delivery location (misalnya cucian diambil di kantor dan diantar ke rumah). Untuk pembayaran, Taptopick menggunakan Taptopick credit yang bisa dibeli langsung di dalam aplikasi dengan sistem pembayaran kartu kredit dan bank transfer. Untuk urusan ini Taptopick bekerja sama dengan Veritrans.

“Cara kerja Taptopick sangatlah mudah, Nantinya pelanggan bisa mengunduh aplikasi di App Store dan Google Play Store, kemudian  pilih waktu pick-up [tanggal dan jam], pilih lokasi delivery [lokasi delivery bisa diubah nantinya], pilih jasa laundry yang ingin digunakan. Selanjutnya Pickr [kurir] akan datang menjemput pakaian kotor pelanggan dan membawanya ke laundry partner kami,” kata Halilintar.

Pelanggan bisa melihat status pesanan secara real time melalui aplikasi. Akan ada notifikasi ketika pakaiannya telah selesai dicuci hingga Pickr mengantarkan kembali pakaian yang telah dicuci.

Membuka lowongan Pickr paruh waktu

Nantinya layanan antar jemput laundry Taptopick baru melayani kota Jakarta saja, karena Taptopick telah memiliki sejumlah armada kurir full time di wilayah Jakarta.

“Nantinya kami juga akan membuka lowongan untuk Pickr part time. Harapannya kami bisa memberikan opsi penghasilan tambahan bagi orang-orang yang membutuhkan untuk bergabung. Bisa cek terus website kami untuk mengetahui update-nya,” kata Halilintar.

Dengan mengandalkan strategi pemasaran word of mouth dan media sosial, Taptopick berharap bisa melakukan promosi secara menyeluruh kepada warga Jakarta. Siapa tahu booming layanan on-demand, yang sudah dimulai Go-Jek, bakal mendorong percepatan adopsi layanan laundry on-demand seperti ini.

Update (29/1):Aplikasi iOS Taptopick sudah tersedia

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…