Categories

Opini

Segera Hadir: Sixreps.com, Jejaring Sosial Untuk Para Fitness Mania [Updated]

Wiku Baskoro - 14 October 2010

Jejaring sosial berperan penting dalam pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, kadang-kadang muncul istilah 'orang gak kenal internet tapi kenal Facebook'. Pertumbuhan pengguna jejaring sosial juga terus bertambah, Indonesia malah termasuk menjadi penyumbang pengguna yang cukup besar bagi Facebook serta Twitter.

Nah, sebentar lagi akan hadir jejaring sosial lokal, tetapi ini bukan jejaring sosial lokal yang melulu menyodorkan fitur unggah foto, update status, tetapi jejaring sosial ini mengincar pangsa pasar khusus (yang merupakan salah satu strategi tepat bagi startup) yaitu para fitness mania. Jejaring sosial itu bernama Sixreps.com.

Kombinasi antara fitness dan jejaring sosial, terus terang sangat menarik, setidaknya bagi saya sendiri, meski saya sendiri bukan pengemar fitness, tetapi pertumbuhan fitness mania di Indonesia sudah bukan main-main lagi. Pertumbuhan pengguna gym, baik itu yang dikota besar maupun di kota kecil tumbuh cukup pesat.

Salah satu contohnya di kota Bandung, meski pertumbuhannya tidak sepesat beberapa tahun lalu, namun untuk gym berskala besar atau yang telah memiliki pelanggan loyal masih terus tumbuh. Sedangkan dari sisi jejaring sosial, para fitness mania kini bisa melakukan updates status tentang latihan mereka di jejaring sosial khusus.

Sepertinya kombinasi antara fitness dan jejaring sosial ini punya peluang yang cukup baik, kini tinggal eksekusi dari Sixreps.com itu sendiri yang harus kita perhatikan. Untuk itu saya mencoba bertanya beberapa hal pada mas Denny Santoso, founder dari Sixreps.com.

Secara sederhana Sixreps.com bisa dijelaskan sebagai sebuah layanan media sosial yang ditujukan bagi para fitness mania, Sixreps menggabungkan media sosial dengan fitness tools yang memiliki fasilitas expert system. Lalu apa yang menarik dari Sixreps, pertama-tama adalah pengalaman, mas Denny adalah orang yang cukup berpengalaman serta memiliki jaringan yang luas di dunia fitness, "saya sendiri sudah hampir 11 tahun berkecimpung di dunia fitness, supplement dan diet. Saya mempunyai blog diet di www.dennysantoso.com dan blog fitness di www.duniafitnes.com". Sebagai sebuah bisnis, pengalaman dari founder startup bisa menjadi landasan/modal dalam menjalankan layanan mereka.

Selain itu, Sixreps memiliki beberapa fitur yang sedang dipersiapkan, antara lain, Sixreps tidak hanya akan menyediakan fasilitas untuk berbagi informasi personal seperti layanan jejaring sosial lain, tetapi juga data tentang berat badan, tinggi, prosentasi lemak, lingkar pinggang, dll, yang akan tersimpan setelah pengguna melakukan input data, dari sini nantinya akan bisa terlihat perkembangan tubuh dari para pengguna, termasuk data tentang pertambahan berat badan, dan data lainnya.

Selain itu ada juga fitur fitness seperti database latihan, di fitur ini akan tersedia modul untuk latihan yang bisa memberikan panduan pada para pengguna Sixreps untuk latihan fitness, dan tentu saja ditambah dengan fasilitas bagi informasi ke relasi pertemanan.

Fitur lain adalah resep diet, dimana akan ada modul resep diet yang bisa disaring secara spesifik untuk pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka. Resep ini juga memungkinkan untuk sistem kontribusi, dimana pengguna juga berkontribusi untuk memberikan resep-resep mereka.

Untuk fitur lain, Sixreps juga akan menambahkan berbagai fasilitas lain pada saat peluncuran resmi layanan mereka, yang direncanakan akan meluncur pada bulan Desember, namun perkiraan ini masih kasar karena Sixreps masih dalam taraf pengembangan akhir.

Sebagai sebuah startup, rasanya tidak lengkap kalau tidak bertanya tentang strategi monetisasi dari Sixreps. Mas Denny menjelaskan ada beberapa rencana strategi yang akan dilakukan, yaitu sistem iklan Pay Per Click, dimana keunggulan dari target market layanan Sixreps adalah salah satu yang ditawarkan, seperti yang dijelaskan mas Denny. "para advertiser bisa melakukan contextual advertising."  Selain itu Sixreps juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai vendor yang berhubungan dengan kegiatan fitness itu sendiri.

Sixreps juga berencana untuk menyasar pengguna lokal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melebarkan sayap untuk pengguna international sedangkan salah satu strategi yang akan dilakukan untuk mendapatkan pengguna pada awal peluncurannya adalah dengan menggunakan jaringan yang dimiliki mas Denny sebagai founder yang sering melakukan roadshow serta memiliki jumlah member di Facebook Pages-nya yang sekitar 27.000 pengguna, serta berbagai anggota dari layanan yang telah dimiliki olehnya pada produk lain.

Kalau melihat dari pangsa pasar (niche) serta pengalaman yang dimilikinya, Sixreps bisa sangat menjanjikan, namun sebuah startup tidak bisa hanya melulu tentang ide dan konsep, yang terlebih penting adalah eksekusi, jadi kita lihat perkembangan selanjutnya dan eksekusi dari layanan Sixreps nanti setelah diluncurkan.

Satu hal yang harus juga menjadi perhatian dari Sixreps adalah, bagaimana menghadapi para pengguna jejaring sosial yang justru tidak ingin menggunakan jejaring sosial niche dalam memberitahukan aktivitas mereka, saya pikir ada juga pengguna jejaring sosial yang justru ingin membagikan aktivitas mereka keluar komunitas mereka sendiri, dan kalau ini terjadi, Facebook dan Twitter tetap akan menjadi pilihan mereka.

Update:  Informasi tambahan dari SixReps.com, mereka telah mengubah tampilan awal situs mereka, termasuk keterangan tambahan untuk page mereka di Facebook serta pembukaan pendaftaran untuk pengumuman peluncuran layanan dimana mereka akan memberikan hadiah pada calon pengguna mereka. Sebuah strategi tambahan untuk menarik calon pengguna yang, meski 'klasik' tetapi bisa jadi cocok untuk pengguna lokal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter