1. Startup

Segera Hadir: Tandif.com

Akan segera hadir salah satu layanan buatan lokal yang menyedikan fasilitas filter serta moderasi konten digital secara otomatis, Tandif.com.

Tandif sendiri, seperti yang dijelaskan Ahmad Fathi Hadi (founder) sebenarnya bernama lengkap Tandif Ultimate Moderation Service, layanan ini muncul ketika Fathi memutuskan untuk berhenti dari perkerjaannya dan mulai fokus melakukan riset, dia kemudian menemukan ide untuk melakukan riset di bidang filtering dan setelah lebih dari satu tahun Tandif siap diluncurkan untuk publik.

Ahmad Fathi Hadi menjelaskan, "intinya Tandif ini adalah core teknologi untuk filtering yang tersentralisasi dan terus dikelola serta dipercanggih, dimana core teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Tandif mampu melakukan filtering/moderasi untuk banyak hal seperti website, blog, forum, chat, email, game online, bahkan sms/mms."

Saat ini Tandif sedang mempersiapkan untuk membuka layanan mereka, nantinya Tandif akan menyediakan API yang bisa digunakan oleh siapapun serta plugin untuk beberapa CMS seperti Wordpress, Joomla, dan Drupal. API ini juga akan terus di-update, pengguna bisa melakukan registrasi secara free dan nantinya akan mendapatkan API KEY dari situs Tandif.

Saya sendiri belum diberikan akses atas layanan Tandif, namun Fathi menjelaskan bahwa core teknologi yang disiapkan nanti dapat melakukan pengecekan dan juga pembersihan input. Fathi menyebutnya sebagai check dan sanitize method. Lebih lanjut dijelaskan, "Dimana Check sangat cocok untuk website karena yang terdeteksi langsung di-block, sedangkan Sanitize cocok untuk chat, karena akan me-replace hal yang terdeteksi menjadi suatu karakter misalnya."

Tandif juga nantinya tidak hanya menyediakan fasilitas layanan free license/service tetapi juga paid service. Selain untuk blog dan website - akan diberikan layanan gratis - Tandif juga menargetkan konsumen skala sedang hingga besar, misalnya saja pemerintahan, perusahaan, public figure, sekolah dan akan melakukan ekspansi di beberapa sektor.

Fathi juga menambahkan bahwa, "Tandif juga bisa diimplementasikan untuk mem-block sms dengan topik tertentu atau dari nomor tertentu. Untuk dukungan sms ini kami tengah melakukan loby untuk bekerja sama dengan pihak operator."

Saat ini Tandif belum masih dikelola secara Mandiri namun Fathi menjelaskan bahwa sudah ada investor yang tertarik ingin bekerja sama dengan Tandif.

Seperti yang dikatakan oleh Fathi via email, Tandif ini seperti apa yang dilakukan plugin Wordpress Akismet, namun Akismet hanya fokus pada spam, sedangkan Tandif mem-filter topik bahkan domain.

Seperti yang saya sebutkan di atas, saya sendiri memang belum mencoba layanan ini dan cukup penasaran dengan teknologi dan fasilitas yang nantinya disediakan. Fathi menyebutkan bahwa Tandif akan segera diluncurkan, saat ini situsnya hanya menyediakan halaman subscribe untuk mendapatkan informasi ketika Tandif rilis. Jadi, mari kita tunggu rilis resmi mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again