1. Lifestyle

Segitiga.Net dan ITB Selenggarakan Gamechanics

Pada tanggal 27 November lalu, Segitiga.Net bersama dengan ITB menyelenggarakan acara bertajuk Gamechanics. Gamechanics yang telah diselenggarakan pada Selasa lalu ini merupakan pembukaan dari serangkaian aktivitas yang direncanakan akan berlangsung selama satu tahun ke depan.

Gamechanics sendiri merupakan program yang bertujuan untuk menyampaikan pentingnya proses game design, gamification, dan potensi besar serious game untuk pendidikan, kesehatan, bisnis, pemberdayaan masyarakat, dan berbagai bidang lainnya.

Gamechanics memiliki empat kegiatan utama. Dua kegiatan pertama adalah Gamechanics Course yang berupa acara kuliah umum satu hari dan Gamechanic Talk yang lebih berbentuk seminar. Pada Gamechanics Course di ITB ini, dihadirkan beberapa pembicara yang sudah dikenal di industri gim Indonesia seperti Eko Nugroho dari Kummara, Ary Setijadi Prihatmono dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, serta Bulit Sesariza dari Logika Interaktif.

Kegiatan lainnya adalah Gamechanics Race yang merupakan acara kompetisi pengembangan gim. Aktivitas ini direncanakan akan dimulai pada awal 2013 dengan roadshow ke beberapa kota di Indonesia yakni Yogyakarta pada 18 Maret, Malang pada 20 Maret, Surabaya pada 21 Maret, Bali pada 22 Maret, Jakarta pada 25 Maret dan Bandung pada 26 Maret. Gamechanics Race akan menyediakan 5 kategori gim yakni untuk bidang pendidikan, kesehatan, training, community engagement, serta pemasaran.

Terakhir, Gamechanics Conf adalah kegiatan konferensi yang direncanakan akan digelar pada 19 September 2013. Gamechanics nampaknya memiliki ambisi yang besar dalam menyelenggarakan konferensi ini. Pada halaman resmi webnya, Gamechanics menargetkan untuk menghadirkan 1000 aplikasi gim pada acara tersebut. Pada acara itu pula, akan diluncurkan Indonesia Game Designer Association. Saya pikir, menarik untuk memperhatikan bagaimana inisiatif Gamechanics ini nantinya memberi dampak terhadap industri gim Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again