1. Startup

Seiring PHK Global, Yahoo! akan Menutup Layanan Berbasis Lokasi Koprol

Tiga bulan yang lalu, Yahoo! melakukan PHK atas sebagian besar tim pengembangan teknis di Indonesia, kurang lebih 80% dari tim. Ini adalah saat yang menyedihkan terutama bagi Koprol, startup jejaring sosial berbasis lokasi yang diakuisisi Yahoo! tahun 2009. Masa depan salah satu startup terbaik ini menjadi suram, dan akhirnya hari ini secara resmi diumumkan bahwa tanggal 28 Agustus 2012 akan menjadi hari terakhir layanan Koprol.

Koprol mendapatkan sambutan yang cukup baik dari pengguna, dengan acara komunitas yang cukup besar yang tengah mereka rencanakan untuk Koprol 2.0 yang merupakan versi terbaru mereka, sebelum tim Koprol di PHK, 2 minggu dari rencana tanggal acara. Founder Koprol, Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo dan Daniel Armanto akan meninggalkan posisi mereka di Yahoo! Indonesia dan telah bersiap untuk petualangan baru mereka. Belum jelas apa proyek mereka selanjutnya, jadi akan menarik untuk melihat startup baru yang akan mereka dirikan dengan pengalaman yang telah mereka dapatkan dari Yahoo! Koprol.

Dari sisi layanan, pengguna Koprol dapat meng-export data seperti profil, post, review, check-in dan gambar dengan melakukan proses 'Export Data' di m.koprol/export. Untuk penguna Koprol Business, Anda bisa menyimpan profil, post dan gambar yang telah diunggah, langsung ke komputer.

Selamat tinggal Koprol, terima kasih telah menjadi contoh untuk perusahaan teknologi yang melakukan exit di Indonesia. Meski penutupan ini bukan cerita terbaik, tetapi pengalaman yang ada tetap patut untuk diceritakan.

Berikut pengumuman resmi dari tim Koprol:

Dear Koprollers, The time has come to say goodbye to Yahoo! Koprol. In line with Yahoo!’s focus on more quickly innovating with our core products and properties, over the coming quarters, we are shutting down or transitioning a number of products that did not meaningfully drive revenue or engagement. After carefully reviewing its product portfolio, Yahoo! has decided to discontinue Koprol effective 28th August, 2012. You can export your profile, all your original posts, reviews, check-ins and images you have uploaded by going to ‘Export Data’ at m.koprol.com/export. You may export your online data any time before August 28, 2012, however please note that you may only do so once. Once you have exported your data, any updates to your profile, original posts, reviews, checkins and images you upload onto Koprol thereafter cannot be exported. For users who have created a Koprol Business Profile, you can save your profile, all your original posts and images you have uploaded previously, directly onto your computer. Your Yahoo! account remains unaffected. We thank all users that were a part of this community and hope that you will continue using our other leading edge Yahoo! products. Sincerely, Yahoo! Koprol team
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again