StartupBerita

Sekarang Google Friend Connect Tersedia Untuk Drupal dan Joomla

Popularitas aplikasi connect yang memudahkan user untuk terhubung pada sebuah situs tertantu atau aplikasi yang lain semakin meningkat. Kini opsi untuk mengisi formulir tertentu jika kita ingin masuk dalam komunitas di suatu situs  sudah banyak ditinggalkan, isisan formulir yang cukup panjang dan bertele-tele telah digantikan oleh beberapa aplikasi lain, seperti Facebook Connect dan Friend Connect dari Google.

Perkembangan sistem login seperti ini juga tidak terlepas dari trend social networking serta ekpansi besar-besaran dari dari Google. Google sendiri, dengan berbagai aplikasi yang luas, mulai dari alat translate sampai ke blog, memang membutuhkan aplikasi seperti Friend Connect, yang bisa berfungsi untuk, bukan saja untuk memudahkan user dalam melakukan interaksi di satu situs tertentu, tapi juga membuat aplikasi Google saling terintegrasi, dan bagi site administrator aplikasi connect seperti ini berguna untuk membangun dan mengamati aktivitas komunitas  para pengunjung situs yang bersangkutan.

Tanggal 11 Januari kemarin, Google melalui blog  resminya, social web blog mengumumkan perkembangan fungsi terbaru dari Friend Connect. Bagi para pengguna Drupal dan Joomla, kini Google telah mengintegrasikan Google Friend Connect pada dua open source CMS platforms paling populer ini.

Seperti yang ditulis di blog resmi Google, kedua integrasi ini memungkinkan pemilik situs mendapatkan aplikasi Google Friend Connect yang paling baru beserta fitur-fiturnya seperti polling ketertarikan, AdSense, Newsletter, Subscriptions, Featured Content, dan gadget populer seperti Members, Comments, Recommendations, aktivitas review dan Social Bar.

Semua aplikasi ini sangat mudah digunakan, Google menjelaskan bahwa bagi mereka, site owner yang tidak punya pengalaman programming pun bisa menambahkan plugins ini.

Aplikasi ini akan sangat berguna bagi dua pihak, user dan site admin, Google Friend Connect memungkinkan user untuk join situs tertentu dengan informasi profile dari banyak aplikasi populer, semacam Google, Yahoo!, Twitter, AOL, Orkut, dll. Memudahkan user untuk join dan melewati formulir yang membosankan dan memudahkan admin untuk mengelola dan mempelajari komunitas yang terbentuk dari situs mereka.

Di tanah air popularitas dua aplikasi CMS ini memang naik daun, salah satunya Joomla, berbasis open source, aplikasi ini tidak hanya mudah tapi juga cukup sesuai untuk diterapkan di berbagai jenis situs. Saya ingat, trend Joomla ini ditandai dengan bermunculannya kursus-kursus untuk menguasai Joomla secara singkat dan buku-buku yang bertebaran di toko buku.

Dengan segala kekurangan, kelebihan dan kemudahaan dua aplikasi CMS ini, integrasi dengan Google Connect mungkin bisa membawa babak baru bagi perkembangan internet terutama web dan situs di tingkat lokal, terutama bagi mereka masyarakat umum yang tertarik masuk dalam industri internet tapi tidak berlatar belakang teknologi.

Untuk informasi lebih lengkap bisa anda lihar di sini: demo Drupal, demo Joomla.

Bagaimana pendapat anda, apakah perkembangan dari Google ini akan berpengaruh pada pengembangan situs lokal? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again