Categories

Gadget

Selain Tahan Banting, Smartphone CAT S60 Ini Dilengkapi Kamera Thermal

Disebutkan menjadi smartphone pertama yang menyematkan teknologi heat sensitive dari FLIR

Oki Rosgani - 20 February 2016

Kehadiran smartphone yang memiliki kemampuan tahan banting mungkin bukanlah hal yang asing untuk saat ini, sejumlah pabrikan bahkan telah menelurkan perangkat dengan kemampuan seperti ini ke pasaran.

Namun bagaimana jika smartphone tersebut memiliki kamera yang bisa membaca perubahan suhu dari objek yang dibidiknya?

Cat S60 adalah salah satu produk smartphone teranyar besutan Caterpillar (perusahaan yang dikenal sebagai penyedia jasa dan produk-produk konstruksi) selain memiliki fitur tahan banting dan anti air, smartphone Cat S60 memiliki kamera thermal di bagian belakangnya.

Dengan kamera thermal tersebut, smartphone Cat S60 mampu mendeteksi dan memvisualisasikan suhu permukaan dalam jarak hingga 100 kaki. Hal tersebut bisa dilakukan berkat hadirnya modul mikrokamera Lepton thermal besutan FLIR yang tertanam dalam ponsel ini.

Selain hadir dengan modul kamera thermal, pihak Caterpillar juga masih memberikan kemampuan kamera konvensional dengan menanamkan modul lensa berkemampuan 13 megapiksel sebagai kamera utamanya dan kamera 5 megapiksel di bagian depannya. Sehingga smartphone ini memiliki tiga buah kamera, dua berada di belakang dan satu kamera di bagian depan.

Seperti smartphone buatan Cat yang selalu hadir dengan kemampuan tahan banting dan tahan air, pengguna bisa memanfaatkan kamera yang ada pada smartphone ini untuk mengambil gambar di bawah air. Karena smartphone Cat S60 ini bisa diajak menyelam hingga kedalaman 5 meter selama satu jam.

Untuk spesifikasinya sendiri, smartphone berjalan dengan sistem operasi terbaru Android 6.0 Marshmallow dan diotaki dengan prosesor Snapdragon 617 besutan Qualcomm serta didukung dengan RAM sebesar 3GB dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB.

Sedangkan untuk proses pengoperasian sehari-harinya, smartphone ini ditenagai dengan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 3,800 mAh. Kendati ia hadir dengan balutan body yang terlihat cukup kokoh dan terbilang bongsor, namun layarnya hanya memiliki ukuran 4,7 inci saja, sehingga ia nampak tetap nyaman dan ringkas untuk dimasukan dalam saku baju atau celana.

Melalui informasi yang kami kutip dari situs Liliputing, smartphone ini akan mulai tersedia tahun ini dengan harga jual $599 atau setara dengan Rp 8 jutaan untuk tiap unitnya.

Dengan harganya yang relatif mahal, smartphone ini memang tidak ditujukan untuk semua orang, namun ia akan lebih optimal digunakan oleh para pengguna dengan tujuan khusus yang membutuhkan fitur kamera thermal. Cat mencontohkan para pekerja bangunan, electricians, petugas layanan keselamatan atau pekerja lain.

Sumber: Liliputing | Gambar Header: Cat Phones

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter