1. Startup

Selamat Datang Instagram 2.0

Instagram sebagai jejaring sosial berbasis foto (plus editing) terbesar di platform iOS melakukan update besar-besaran untuk versi 2.0. Selain logo dan penyegaran UI, ada sejumlah tambahan teknis yang diberikan untuk semakin memanjakan penggunanya. Ada enam aspek teknis yang mendapatkan update. Instagram versi 2.0 ini mendukung handset yang menggunakan minimal iOS 4.2.1, yaitu iPhone 4, iPhone 3GS, iPod touch (generasi ketiga dan keempat), iPad, dan iPad 2. Sayangnya sampai sekarang masih belum ada aplikasi native untuk seri iPad, padahal jelas-jelas di iPad 2 sudah tersedia kamera.

Di antara aspek teknis yang mendapat pembaruan, Instagram memperkenal empat filter baru. Mereka adalah Amaro, Rise, Hudson, dan Valencia. Dalam pembuatan filter ini, Instagram bekerja sama dengan Cole Rise yang merupakan salah satu pengguna Instagram yang sangat populer. Cole Rise adalah seorang fotografer dan pilot. Instagram nampaknya bakal terus meningkatkan kolaborasi dengan pihak ketiga untuk penambahan filter sebagai fitur andalannya. Bukan tidak mungkin nantinya ada kolaborasi dengan Instagrammer Indonesia yang memiliki pengetahuan soal ini.

Berikutnya adalah peningkatan ukuran foto yang didukung oleh Instagram. Sebelumnya ukuran standar di Instagram adalah 612x612. Dengan pembaruan ini, Instagram mendukung ukuran foto hingga 1936x1936 untuk iPhone 4 dan 1536x1536 di iPhone 3GS. Luar biasa sekali jika nantinya foto-foto hasil editing Instagram dicetak menjadi foto ber-resolusi tinggi ataupun wallpaper komputer Anda. Tidak harus menjadi fotografer profesional untuk bisa menikmati hasil cantik jepretan iPhone Anda.

Tentu saja tidak cuma itu yang diberikan oleh Instagram yang dibuat oleh Burbn, Inc. Ada juga live filter dan instant tilt shift di antaranya. Anda bisa melihat detil lengkapnya di blog post situs resminya. Tentu saja rilis ini merupakan pencapaian luar biasa bagi startup yang berbasis di San Fransisco yang saat ini digawangi oleh 6 orang pegawai. Saat ini pengguna Instagram sudah menuju 10 juta orang dan sudah lebih dari 150 juta foto diunggah.

Meskipun sudah menjadi "killer app" untuk platform iOS, Instagram tetap menargetkan untuk membuat versi Android, seperti yang dikonfirmasi oleh CEO Kevin Systrom, meskipun saat ini mereka masih memiliki sumberdaya yang sangat terbatas. Belum ada tenggat waktu kapan versi Android-nya bakal diluncurkan. Jadi untuk pengguna Android silakan bersabar untuk mencicipinya atau mencoba aplikasi lain yang sejenis.

Silakan menikmati versi terbaru Instagram dan ciptakanlah kreasi foto yang semenarik mungkin!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again