Hari ini Plurk berusia genap satu tahun! Situs jejaring sosial microblogging yang berbasis di Kanada ini memang memiliki tempat tersendiri untuk pengguna internet di Indonesia. Menurut sebuah penelitian, Indonesia menempati urutan teratas pengguna plurk di dunia mengalahkan Amerika Serikat. Sebuah pencapaian yang luar biasa, sampai-sampai Plurk akhirnya membuka dukungan untuk bahasa Indonesia.

Plurk sendiri tidak lepas dari beberapa kontroversi, salah satu yang paling berat adalah yang baru - baru ini terjadi yaitu China memblok akses ke Plurk untuk alasan yang tidak dikemukakan secara rinci. Plurk sendiri bereaksi keras mempertanyakan dan menentang pemblokiran akses pengguna dari Chine ke situs microblogging tersebut. Sampai sekarang China masih menutup rapat-rapat akses menuju Plurk, dan masih tanpa alasan yang pasti dan masuk akal.

Plurk juga baru-baru ini menambahkan fitur live search di situsnya, yang disinyalir banyak pihak untuk sedikit mengadopsi fitur real-time conversation yang memang sedang trend di web-scene dipimpin oleh Twitter (dan Bing?). Sayangnya masih belum terlalu jelas kemana Plurk akan membawa fitur real-time search ini dan juga sampai sekarang Plurk masih belum memiliki business model yang mapan; sebuah masalah yang sepertinya juga sedang nge-trend di web-scene.

Anyway, Happy Birthday Plurk!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again