Gadget

Samsung Galaxy S9 Disebut Punya Sensor Wajah yang Lebih Baik

Samsung disebut hanya akan memperbaiki performa dan keamanan sensor dari segi piranti lunak

Sudah jadi rahasia umum, bahwa rivalitas antara Samsung dan Apple tak hanya terjadi di meja hijau tapi yang paling ketat terjadi di industri mobile yang diwakili oleh masing-masing flagship, Samsung dengan Galaxy S Series dan Apple dengan iPhone miliknya.

Masing-masing smartphonedisebut mempunyai pangsanya sendiri, di mana iPhone berkuasa di rentang usia muda sedangkan Samsung lebih dipilih oleh kalangan berusia dewasa.

Seri terbaru iPhone, yaitu iPhone X mempunyai senjata andalan berupa sensor pengenal wajah atau Face ID. Sensor ini berfungsi mengenali wajah pemiliknya sebagai pengganti sensor sidik jari. Teknologi serupa juga hadir di Galaxy S8 dan S8 Plus – bahkan lebih dulu ada. Tetapi pada praktiknya, sensor milik S8 disebut tidak memberikan performa dan keamanan seperti yang diharapkan ketimbang Face ID milik iPhone X. Di iPhone X, sensor Face ID memproduksi sebuah peta wajah tiga dimensi menggunakan lebih dari 30.000 titik infra merah untuk membuka kunci perangkat. Sistem ini jauh lebih aman dan lebih maju ketimbang sensor kepunyaan Samsung. Sayangnya, Samsung belum akan mengadopsi pemetaan tiga dimensi seperti rivalnya itu. Sebaliknya, Samsung dilaporkan masih akan menerapkan pemetaan dua dimensi seperti di generasi sebelumnya.

Kendati demikian, Samsung tentu tak ingin berada di situasi itu terlalu lama. Raksasa asal Korea Selatan itu disebut sudah mempersiapkan teknologi yang lebih baik dari yang dipunyai Galaxy S8. Mempunyai waktu yang cukup, kemungkinan besar teknologi ini akan dibenamkan ke seri Galaxy S9 tahun depan.

Dalam hal komponen, Samsung disebut tidak berencana melakukan perubahan. Menurutnya, pondasi perangkat keras yang dipunyai Galaxy S8 sudah sangat bagus. Sebaliknya, Samsung bakal melakukan peningkatan dari sisi piranti lunak yang ditujukan untuk mendongkrak kecepatan dan keamanan sensor. Apabila rumor ini benar, maka kemungkinan besar kamera depan Samsung Galaxy S9 tidak akan beranjak dari angka 8MP, seperti pendahulunya.

Sumber berita BusinessKorea dan header ilustrasi fitur Iris Scanner Galaxy S8.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter