24 February 2015

by Aditya Daniel

Seorang Pengembang Berhasil Memasangkan iPhone dengan Android Wear Moto 360

Android Wear telah hadir cukup lama di pasaran. Perangkat ini bisa dipasangkan dengan perangkat Android untuk menikmati berbagai fiturnya.

Sayangnya, belum ada cara yang resmi bagaimana memasangkan jam tangan pintar berbasis Android tersebut dengan perangkat iOS. Namun, belum lama ini seorang pengembang berhasil menghubungkan perangkat iOS, dalam hal ini iPhone, dengan Android Wear Moto 360.

Adalah pengembang bernama 

">Muhammad Abu-Garbayyeh yang berhasil memasangkan Moto 360nya dengan sebuah iPhone.

Seperti yang dikutip dari Redmonpie, hal ini bisa dicapai dengan memodifikasi sebuah APK yang kemudian diinstal ke dalam Moto 360. APK yang dimodifikasi ini menggunakan Apple Notification Center Service atau ANCS. Dengan menggunakan bluetooth low-energy dan ANCS, Moto 360 atau Android Wear dapat menerima notifikasi yang diterima pada perangkat iOS seperti yang diimplementasikan oleh Peeble Watch dengan perangkat iOS.

Info Menarik: Apple Akan Hadirkan iOS 8.2 Pada Bulan Maret?

Meski baru sebatas mengirimkan notifikasi tanpa dapat melakukan interaksi terhadap notifikasi yang masuk, namun langkah ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi yang ingin menikmati Android Wear dengan perangkat iOS.

Karena yang diperlukan adalah modifikasi dari APK maka pemilik iPhone tak perlu melakukan jailbreak atau modifikasi tertentu pada perangkatnya.

Info Menarik: Bersihkan Metadata Foto di iPhone atau iPad Menggunakan Metapho

Jika nantinya Apple Watch dibanderol dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Android Wear yang sudah tersedia di pasaran seperti Moto 360 ini, maka langkah untuk memasangkan kedua perangkat beda sistem operasi ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif. Meski tentunya harus ada dukungan dari kedua dari Google dan Apple agar membuatnya bisa saling terkoneksi secara resmi. Plus, dukungan pengembang untuk 'mengoprek' fitur-fitur yang ada karena saat ini, baru sebatas meneruskan notifikasi yang diterima iPhone ke perangkat Android wear.

Sumber: RedmondPie | iDownloadblog.