20 May 2014

by Bambang Winarso

Seperti Inikah Rupa Smartphone Premium Samsung Galaxy S5 Prime dan S5 Active?

Samsung Galaxy S5 Prime dan S5 Active pernah muncul di beberapa media sebelum akhirnya menghilang tanpa bekas. Sejak saat itu pengamat menilai keduanya hanya kabar burung yang mengejar sensasi belaka.

Namun sebuah video dan juga foto menghidupkan kembali saga kedua smartphone yang kabarnya merupakan model premium karena berbekal layar beresolusi 2K dan prosesor Snapdragon yang lebih gahar.

Smartphone premium pertama adalah Samsung Galaxy S5 Active yang muncul dalam bentuk video, seperti dikutip oleh TRL dari Gigaom perangkat ini terlihat memiliki case belakang berbahan metal dan dilengkapi dengan semacam penahan dari karet yang ditengarai sebagai fitur anti air.

 

Info Menarik: Private Beta PlayStation Now Untuk PlayStation 4 Sudah Dimulai

 

Samsung Galaxy S5 Active kemungkinan besar masih tetap membawa kamera yang dimiliki oleh model Galaxy S5 standar. Sayangnya pengunggah video ini belum berani memberikan kepastian apakah perangkat ini model Samsung Galaxy S5 Active atau S5 Prime.

Sementara di video kedua pengunggah memberikan judul video "Galaxy S5 Prime Leak follow up spec shown" yang justru menguatkan opini bahwa kemungkinan besar Samsung Galaxy S5 Active dan S5 Prime adalah perangkat yang sama. Namun untuk memastikan itu, TRL akan kumpulkan informasi dari beberapa sumber.

Di video kedua ini kita bisa melihat dengan jelas dalaman perangkat. Komponen prosesor, terlihat adalah Qualcomm Snapgradon 801 dan menggunakan sistem operasi Android 4.4.3 KitKat.

Rumor yang berkembang lainnya terkait smartphone premium model Samsung Galaxy S5 adalah S5 Prime, walaupun masih belum diketahui mana penamaan yang benar, namun Phonearena mendapatkan bocoran foto ekslusif perangkat yang dimaksud.

Jika dibandingkan dengan video di atas, perangkat yang berada di foto ini tampaknya sedikit berbeda, pertama dari warnanya dan kedua dari komponen penahan karet yang berfungsi sebagai penahan air. Secara umum lebih mirip dengan generasi Samsung Galaxy S5 standar.

 

Info Menarik: Berbekal Smartphone Model Mi 3, Xiaomi Resmi Mendarat di Malaysia

 

 

Perangkat yang disebut-sebut sebagai model Samsung Galaxy S5 Prime ini mengusung resolusi layar 1440 x 2560, ukuran 5.2 inci dan sudah menggunakan prosesor yang lebih baik yakni Snapdragon 805. Komponen grafis juga memperoleh perbaikan di mana generasi Galaxy S5 menggunakan Adreno 330 GPU, namun perangkat ini berbekal GPU yang lebih baik, Adreno 420 GPU. Sistem operasi Android 4.4.3 KitKat dengan RAM 3GB.

Ada perbedaan yang mencolok antara perangkat yang muncul di video dan di foto, spesifikasi keduanya sudah dipastikan berbeda sehingga mungkin saja salah satunya benar adanya Galaxy S5 Prime dan yang lainnya adalah Galaxy S5 Active. Atau, keduanya hanya rumor belaka.