1 July 2014

by Yoga Wisesa

Seperti Windows 7, Windows 9 Dibuat Untuk Memanjai Pengguna Desktop

Ketika preview build-nya diperkenalkan, Windows 8 memang sangat menjanjikan. Sayangnya hal-hal kecil-lah yang membuat OS ini tak bisa mencapai masa kejayaannya: UI yang asing, app yang tak bisa ditutup, akses shut down yang rumit, dan beberapa driver yang tak mau diinstal. Hingga kini, Microsoft masih terus berusaha mengatasi semua masalah itu.

Di saat yang sama, Microsoft mengerti bahwa mereka juga harus menyiapkan sistem operasi baru. Kabar tentang Windows 'Threshold' sudah beredar sejak Januari lalu. Berdasarkan sumber terpercaya, tampaknya Microsoft akan membekali Windows 9 (atau apapun nama yang mereka berikan pada OS selanjutnya) dengan berbagai fitur yang ditargetkan untuk memanjai pengguna dekstop.

Itu berarti Windows akan kembali ke akarnya, diperuntukkan pada para user yang memanfaatkan keyboard dan mouse tradisional sebagai medium navigasi - berkebalikan dari Windows 8 yang awalnya dirancang untuk perangkat layar sentuh, dengan pendekatan a la Windows 7. Tapi seperti Windows 8.1, penampilan dan akses navigasi Threshold akan berbeda tergantung dari hardware yang Anda gunakan.

 

Info menarik:ย Start Menu โ€˜Sejatiโ€™ Akan Kembali Hadir di Windows 8 Bulan Agustus Nanti

 

Ambil contohnya perangkat multi-mode seperti Lenovo Yoga atau Surface Pro. Seperti OS sebelumnya, mereka akan menyajikan dua mode berbeda - Metro atau Windowed - bergantung dari apakah periferal keyboard tersambung atau tidak. Lalu bagaimana dengan versi mobile-nya?

Smartphone dan tablet akan ditenagai sistem operasi yang berbeda dengan versi desktop, tapi tetap mendukung app yang mampu berjalan berbarengan. OS Threshold mobile dapat bekerja dengan berbagai handset Windows Phone dan tablet Windows berbasis ARM, dan kemungkinan juga beberapa tablet bertenaga Intel Atom.

Seperti yang sudah pernah diperlihatkan dalam kesempatan sebelumnya, versi desktop akan dibekali menu Mini-Start, versi baru dari menu Start yang hadir di Windows 7 dan versi-versi sebelumnya. Ia merupakan kombinasi dari menu Start tradisional dengan interface Live Tiles, dan kemungkinan besar dapat Anda kustomisasi.

Pengguna bisa memilih untuk menyertakan app-app Metro-Style di dalamnya, atau menghilangkannya sama sekali sehingga hanya aplikasi desktop yang muncul di sana. Dengan Threshold, pengguna juga diberikan kemampuan untuk menjalankan app Metro atau Windows Store via 'jendela' di desktop.

 

Info menarik:ย [Rumor] Microsoft Windows 9 Akan Mendarat Bulan April Tahun Depan

 

Tentu saja sebelum Threshold diluncurkan, Microsoft masih memiliki rencana untuk merilis update terbesar kedua (dan bisa jadi yang terakhir) untuk Windows 8.1. Ia akan kembali menyertakan menu Start sejati, upgrade user interface, dan beberapa tweak serta penyesuaian. Dengan update ini, tampaknya Microsoft juga mencoba membuat sebuah benang merah sebelum Windows baru diluncurkan.

Lalu kemudian rencananya, preview build Threshold akan diluncurkan di antara jeda Update 2 Windows 8.1 (kemungkinan pada bulan Agustus) dan peluncuran Windows 9. Semoga saja ia hadir sebelum tahun 2014 berakhir.

Threshold atau Windows 9 bisa jadi bukanlah nama yang akan Microsoft gunakan untuk memasarkan sistem operasi terbaru mereka. Satu hal lagi: sumber tersebut juga menyatakan bahwa ada kemungkinan bahwa Threshold akan didistribusikan sebagai update gratis Windows 8.1, atau mungkin untuk pengguna Windows 7 Service Pack 1.

Benar atau tidaknya, kita harus tunggu informasi resmi lebih lanjut dari Microsoft.

Sumber: Zdnet.com. Gambar header: Geeknado.