Internet.org Kini Terbuka untuk Semua Operator Seluler

Setahun Beroperasi, Internet.org Kini Terbuka untuk Semua Operator Jaringan Seluler

internet-org
internet-org

Tidak terasa setahun telah berselang sejak Facebook pertama kali mengoperasikan program Internet.org di Zambia, Afrika. Selama setahun ini, Internet.org sudah merambah 17 negara di tiga benua, dan berhasil menyediakan akses internet gratis ke lebih dari satu miliar orang.

Meski terbilang cukup sukses, Internet.org bukannya tidak menerima celaan dari berbagai sisi. Salah satu topik kontroversial yang paling sering dikaitkan dengan Internet.org adalah net neutrality, dimana banyak kelompok menganggap Facebook tidak netral karena hanya menggandeng operator-operator jaringan seluler tertentu saja. Di Indonesia sendiri, Internet.org hanya bisa dinikmati oleh pengguna jaringan Indosat.

Memasuki tahun kedua Internet.org, Facebook pun datang menawarkan solusi. Sebuah portal baru untuk operator seluler resmi diperkenalkan. Tujuannya? Supaya semua operator seluler bisa turut berkontribusi memberikan akses internet ke seluruh pelosok daerah.

Info menarik: Facebook Luncurkan Internet.org Platform untuk Menarik Minat Developer

Dengan demikian, bisa dikatakan sekarang Internet.org pun terbuka untuk semua operator, yang tentunya akan berujung pada semakin meluasnya jangkauan program akses internet gratis ini. Dalam portal tersebut, Facebook akan mencantumkan semua persyaratan teknis yang perlu dipersiapkan oleh sebuah operator untuk mulai menyediakan layanan internet dasar secara cuma-cuma.

Dalam kesempatan yang sama, Facebook juga dengan bangga mengumumkan prestasi spesifik yang berhasil dicapai oleh Internet.org. Program tersebut diyakini bisa meningkatkan tingkat adopsi layanan internet 50 persen lebih cepat, dan dalam kurun waktu sekitar 30 hari, lebih dari separuh pengguna baru yang digaet rupanya memutuskan untuk membeli paket data guna memperluas aksesnya di jagat internet.

Hal ini pun membuktikan bahwa Internet.org tidak cuma menguntungkan pihak pengguna saja, tetapi juga operator-operator jaringan seluler dengan membawa banyak pelanggan baru. Jadi, kalau semuanya berjalan lancar, saya kira dalam beberapa bulan ke depan kita akan melihat Internet.org bersama operator lain selain Indosat menawarkan layanan internet dasar gratis buat masyarakat tanah air.

Sumber: Facebook.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…