1. Lifestyle

Setapp Adalah Layanan Seperti Netflix, Tapi untuk Aplikasi Mac

Dengan berlangganan $10 per bulan, konsumen akan mendapat akses tanpa batas ke sejumlah aplikasi premium

Kehadiran layanan seperti Spotify dan Netflix telah terbukti mampu mengurangi kebiasaan membajak konten digital. Ketimbang harus membeli lagu dan film secara terpisah, layanan streaming semacam ini memberikan pengguna kebebasan untuk mengonsumsi koleksi konten yang tersedia dengan nominal tarif yang fixed setiap bulannya.

Lalu apakah metode yang sama bisa diterapkan pada konten digital lain yang juga banyak 'dinodai' kasus pembajakan, semisal aplikasi Mac? Bisa, setidaknya itu harapan developer asal Ukraina, MacPaw. Namun daripada hanya berharap, mereka ingin mencoba merealisasikannya sendiri lewat layanan baru bernama Setapp.

Konsep di balik Setapp kurang lebih sama seperti Spotify atau Netflix. Dengan membayar tarif berlangganan sebesar $10 per bulan, konsumen akan mendapatkan akses tidak terbatas ke koleksi aplikasi premium yang dicintai para pengguna Mac.

Koleksinya tentu saja mencakup aplikasi buatan MacPaw sendiri macam CleanMyMac, Gemini dan lain-lain. Pun begitu, aplikasi dari developer lain seperti Blogo, CodeRunner, RapidWeaver dan Ulysses juga tersedia. Sejauh ini, setidaknya sudah ada sekitar 45 developer yang bersedia aplikasinya digunakan oleh pelanggan Setapp.

Jumlah aplikasi bukanlah prioritas utama MacPaw, meski mereka memasang target maksimum 300 aplikasi. Yang ditekankan adalah kualitas tiap-tiap aplikasi tersebut, itulah mengapa MacPaw menggandeng sejumlah rekan-rekan sejawatnya.

Setapp akan membuatkan folder khusus di Finder berisi shortcut ke aplikasi-aplikasi yang tersedia / TheNextWeb

Menggunakan Setapp terbilang simpel. Pelanggan akan diminta untuk mengunduh semacam launcher yang akan membuat folder di Finder dan menyajikan shortcut ke semua aplikasi yang tersedia. Pelanggan kemudian tinggal meng-install aplikasi yang hendak digunakan, dan selanjutnya koneksi internet tidak dibutuhkan lagi.

Model berlangganan seperti ini merupakan alternatif yang menarik bagi pengguna Mac. Selama ini, aplikasi-aplikasi seperti yang sudah disebutkan di atas dihargai puluhan bahkan ratusan dolar, dan itu semua akan terkesan sia-sia seandainya hanya dipakai satu atau dua kali setiap bulannya.

Setapp juga memastikan bahwa aplikasi yang digunakan adalah versi yang terbaru. Ini juga merupakan kelebihan sistem berlangganan, seperti yang didapati oleh para pelanggan Adobe Creative Cloud, dimana mereka akan menerima update secara reguler untuk Photoshop dkk.

Untuk sekarang, Setapp masih dalam tahap closed beta, sedangkan public beta rencananya akan menyusul dalam waktu dekat. MacPaw berharap bisa merilisnya untuk umum mulai awal tahun depan.

Sumber: TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again