1. Lifestyle

Setelah 15 Tahun Dirilis, Final Fantasy IX Akan Tiba di PC dan Mobile

Developer membubuhkan fitur auto-save, achievement, mode high-speed, beserta update pada grafis.

Tren menarik menyusul pelepasan console new-gen ialah makin banyaknya publisher dan developer Jepang memutuskan untuk melepas karya mereka di PC. Dan Final Fantasy merupakan salah satu franchise yang memperoleh arahan baru tersebut. Setelah Type-0, satu judul lagi dikonfirmasi akan mendarat di Windows setelah 15 tahun jadi permainan eksklusif PlayStation.

Melalui laman berbahasa Jepang, Square Enix mengumumkan bahwa mereka memiliki rencana buat menghadirkan Final Fantasy IX di PC dan perangkat mobile, dibarengi pelepasan trailer anyar. Seperti versi port game-game sebelumnya, publisher menjanjikan beragam update supaya Final Fantasy IX layak bersanding dengan permainan-permainan modern - contohnya pada grafis, serta penambahan fitur semisal auto-save, achievement dan mode high-speed.

Square Enix masih belum menerangkan secara detail upgrade apa saja yang mereka implementasikan dalam Final Fantasy IX. Melihat video-nya, karakter-karakter tampak lebih tajam, sama seperti versi PC Final Fantasy VII dan VIII. Dan dari sejumlah screenshot hasil publikasi Famitsu, interface mode pertempuran juga sedikit berbeda dari versi aslinya. Trailer bisa Anda simak di bawah.

Perlu diketahui, Final Fantasy IX versi PC merupakan port, bukan remake sekelas Final Fantasy VII yang sedang developer garap. Meskipun ada pembaruan di sisi visual, sejatinya ia adalah permainan klasik, dan besar kemungkinan percakapan juga tidak sepenuhnya diisi suara. Anda akan kembali bertemu tokoh-tokoh protagonis familier semisal Zidane Tribal, Vivi Ornitier, serta Garnet Til Alexandros 17th.

Pengembangan Final Fantasy IX dilakukan Square bersamaan dengan Final Fantasy VIII, tetapi mengusung art direction berbeda. Ia lebih menyerupai judul-judul Final Fantasy generasi awal, dan ternyata pendekatan tersebut disukai gamer. Angka penjualan memang tidak setinggi VII atau VIII, namun tiga tahun selepas debutnya, Final Fantasy IX terjual sebanyak lebih dari 5,3 juta kopi di seluruh dunia.

Perlu Anda ketahui juga, Final Fantasy IX memperoleh rata-rata rating tertinggi di franchise itu berdasarkan situs agregasi Metacritic, mencetak skor 94 persen. Para kritik memuji elemen grafis dan nostalgia, kekuatan pada aspek gameplay, humor, dialog, serta perkembangan karakteristik para tokoh.

Sejauh ini, Square Enix belum mengumumkan kapan tepatnya tanggal peluncuran port Final Fantasy IX di PC serta mobile, dan kapan ia tersedia untuk khalayak di luar Jepang. Namun kata 'coming soon' boleh jadi menandai dalam waktu dekat.

Via Kotaku. Sumber: Square-Enix.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again