Dark
Light

Setelah 7 Tahun, Tumblr Akhirnya Hadirkan Fitur ‘Mention’

1 min read
January 15, 2014

Setelah malang melintang di dunia media sosial, bahkan kini telah dibeli oleh Yahoo, Tumblr akhirnya merilis fitur yang mungkin telah ditunggu oleh banyak orang. Tumblr akhirnya menghadirkan fitur ‘mention’.

Perilisan fitur ini cukup mengejutkan walaupun tidak istimewa, akhirnya setelah berkecimpung di dunia sosial media selama 7 tahun lamanya, Tumblr resmi menghadirkan fitur ‘mention’ yang notabene pertama kali dicetuskan oleh Twitter yang tak lain adalah pesaing Tumblr.

Aksi meng-copy fitur yang dilakukan Tumblr ini sebenarnya bukan hal baru, bahkan situs sekelas Facebook pun meniru fitur mention-nya Twitter ini. Yang terbaru sebelum Tumblr ada Linkedln yang juga mengumumkan kehadiran fitur yang sama di layanan mereka.

 

Info Menarik: iPhone 5S dan 5C Hadir Januari, Telkomsel Telah Buka Pre-registrasi

 

Kepastian hadirnya fitur mention ini disampaikan oleh Tumblr melalui sebuah posting yang mereka sebarkan ke semua penggunanya. Dalam pengumuman tersebut, Tumblr menyertakan sebuah gambar bergerak dalam format GIF yang mendemonstrasikan bagaimana fitur tersebut digunakan.

Tumblr_user_mentions

Cara menggunakan fitur mention di Tumblr tak berbeda dengan yang ada di jejaring sosial lainnya, awali konten dengan karakter “@” dan ketikkan nama pengguna Tumblr dan sistem akan menampilkan sejumlah saran lalu tekan enter untuk memilih salah satu dari saran yang diberikan. Pengguna yang di-mention nantinya akan mendapatkan pemberitahuan berupa post yang muncul di akun mereka.

Aksi meniru yang dilakukan Tumblr bukan sebuah kesalahan, tetapi masalahnya mengapa baru sekarang setelah 7 tahun mengudara di blantika sosial media. Sementara layanan serupa lainnya seperti Facebook sudah jauh hari meniru fitur ini, bahkan Facebook juga meniru fitur hashtag-nya Twitter. Tak cukup dua fitur itu saja, September silam Facebook juga dikabarkan sedang melakukan ujicoba terhadap fitur trending topic yang notabene juga dicetuskan pertama kali oleh Twitter.

Sumber berita Cnet dan gambar header Tumblr via Shutterstock.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Facebook Siapkan Tandingan Flipboard?

Next Story

Untuk Mendukung Oculus Rift, Valve Menyiapkan Aplikasi SteamVR

Latest from Blog

Don't Miss

Tumblr Umumkan Post+, Mudahkan Kreator Memonetisasi Konten Lewat Sistem Subscription

Semua akan subscription pada waktunya. Bahkan Tumblr, platform blogging yang

5 Tool Riset Trending Topik di Media Sosial

Konten kreator, blogger dan buzzer dituntut untuk selalu up to