Categories

Gadget

Setelah Absen Puluhan Tahun, Coleco Akan Kembali Produksi Console Game Ber-Cartridge

Berdasarkan informasi, Coleco Chameleon sanggup menjalankan permainan baru dengan 'gaya 8-, 16- atau 32-bit'.

Yoga Wisesa - 21 December 2015

Selain Atari, Coleco ialah brand terkenal di kalangangamer 80-an. Mereka terkenal berkat mainan dan console Telstar serta ColecoVision. Sayangnya di akhir dekade itu, perusahaan dinyatakan bangkrut, dan terpaksa menjual aset serta menutup pabriknya. Tapi tampaknya perjalanan mereka belum berakhir, Coleco dikabarkan akan kembali bangkit dan bermain di ranah console game.

Menggaet Retro Video Game Systems, Coleco mengumumkan sebuah hardware permainan anyar bernama Coleco Chameleon. Brand ini memang sangat kental dengan aspek nostalgia, dan penciptanya tidak mau menyia-nyiakan hal tersebut. Saat platform game modern mulai meninggalkan distribusi fisik dan beralih ke metode digital, konten-konten Coleco Chameleon malah disuguhkan dalam bentuk cartridge.

Coleco Chameleon dideskripsikan sebagai sistem video game anyar yang mengambil inspirasi dari console klasik, dengan kemampuan untuk menjalankan judul-judul lawas dari era terdahulu. Ia sanggup menjalankan permainan baru bergaya 8-, 16- atau 32-bit. Menurut developer, kepopularitasan genre ini kembali naik meskipun kita telah memasuki generasi console video game kedelapan.

Coleco Chameleon 02

Elemen nostalgia di Coleco Chameleon begitu kental. Penyuguhan Chameleon tak cuma dititikberatkan pada desain console, presentasi dari konten turut mendapat perhatian besar: komponen cartridge didesain supaya kuat dan awet, boksnya tersusun dari material berkualitas tinggi, dan tak lupa dilengkapi lembar-lembar panduan.

Chameleon ingin membawa kita pada pengalaman dahulu kala di Zaman Keemasan gaming, ketika hampir tiap game dibundel secara istimewa, seolah-olah merupakan produk edisi koleksi. Coleco juga menjanjikan tidak ada update yang memakan waktu, cukup masukkan cartridge di slot dan Anda bisa langsung bermain. Itu berarti, setelah hampir 20 tahun, cartridge kembali Coleco manfaatkan sebagai medium penyajian permainan.

Coleco Chameleon 04

Melalui press release, presiden Retro Video Game Systems menyampaikan, “Coleco Chameleon adalah sebuah surat cinta bagi semua sistem game berbasis cartridge yang pernah dirilis, dan kami gembira ia akan menjadi penerus kesuksesan jajaran produk Coleco Telstar dan ColecoVision. Console akan membawa gamer dan keluarga mereka kembali ke masa-masa sederhana di mana game fokus pada faktor gameplay dan keasikan.”

Chameleon katanya sanggup menangani sejumlah permainan klasik meski developer belum menyebutkan apa saja. Mereka juga belum memberi kabar soal harga. Rencananya, Coleco Chameleon akan diluncurkan di awal 2016, dan segera dipamerkan di ajang  Toy Fair New York 2016 tanggal 13-16 Februari.

Sumber: Retro Video Game Systems.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id